candi borobudur kerajaan di indonesia

Tantangan / Eksistensi Guru Ekonomi Menghadapi Persaingan

Bambang Ismanto - -

Abstract


Sebagai agen pembelajaran, guru memiliki peran strategis dalam pembaharuan dan inovasi pembelajaran dalam mendukung peserta didik  mencapai tujuan pendidikan nasional. Esensi scarcities, menjadi tantangan guru dalam membimbing siswa menetapkan pilihan (choice) dengan kebutuhan yang tidak terbatas. Pembelajaran ekonomi sebagai transaksi guru – peserta didik mencapai kepuasan pembelajaran yang maksimal. Penetapan profesi menjadi tantangan guru ekonomi dalam mempertanggunjawabkan sertifikasi pendidik, tunjangan profesi dan pencapaian kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetisi  Masyarakat Ekonomi Asean membawa implikasi peningkatan kompetensi siswa dengan perangkat pengetahuan, nilai-nilai kehidupan dan ketrampilan yang relevan. Dinamika aplikasi teknologi informasi di masyarakat perlu direvitalisasikan dalam pembelajaran ekonomi yang semakin efektif, efisien dan eficacy.Penguatan guru ekonomi perlu dilakukan melalui organisasi profesi yang berkualitas dan akuntabel.

Kata kunci : Guru, profesional, transaksi pembelajaran, efisen, efektif, eficacy


Full Text:

PDF

References


Darling, Linda and Hammond John Branssford (editor), 2005, Preparing Teacher for A Changing World, What Teachers Should Learn and Be Able to Do, Jossey-Bass, USA

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Menuju Asean Economic Community, Departemen Perdagangan, Jakarta

Sucipto, A., 2016. Bisnis. [Online] Available at: http://adisucipto.web.id/bisnis [Accessed 01 04 2016]

Hattie, John, 2012, Visible Learning for Teachers, Maximizing Impact on Learning, Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdon,Oxon. New York

Ismanto, Bambang, 2014, Arsitektur Kurikulum Pendidikan Ekonomi Memasuki Masyarakat Ekonomi Asia, Disajikan dalam ‘Call Paper’ Seminar Aspropendo, UNS, Surakarta , 17 – 18 Oktober 2014

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomer : Tahun 2015, tentang Rencana Strategis Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019.

Peraturan Presiden Nomer : 2 Tahun 2015, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, Tahun 2015-2019

Undang-Undang Nomer : 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomer : 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.