candi borobudur kerajaan di indonesia

RELEVANSI KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 BATANG)

Arina Hidayati - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Objek penelitian ini adalah SMK N 1 Batang, dan Perusahaan dengan beberapa macam bentuk usaha di kota Batang-Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal berikut : Pertama kurikulum SMK Negeri 1 Batang disusun dengan melibatkan pihak di luar sekolah yaitu pemerintah dan perusahaan. Kedua kompetensi keahlian akuntansi dan soft skills yang diajarkan sekolah sudah sesuai dengan kebutuhan DU/DI, hanya saja DU/DI menetapkan standar kompetensi yang tinggi dalam rekrutmen kerja, terutama pada bagian akuntansi dan keuangan. Hal ini menyebabkan siswa lulusan SMK N 1 Batang yang bekerja di perusahaan hanya mendapat jabatan yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengajukan beberapa saran antara lain : Pertama sekolah untuk memonitoring kebutuhan dudi dan melaksanakan program-program sekolah (kurikulum) dengan menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dunia usaha dan industri. Kedua Perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi calon karyawan dari lulusan SMK yang melamar di perusahaan tersebut.

Kata Kunci : Kurikulum, Kompetensi Lulusan SMK, Kebutuhan Dunia Usaha dan industri


Full Text:

PDF

References


Masriam, Bukit. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan dari Kompetensi ke Kompetensi. Bandung : Alfabeta

Sutrisno, Budi. 2013. Perncanaan Karir Siswa SMK. Jurnal Model Berbasis Pengembangan Soft Skills. Universitas Muhammadiyah Surakarta

KhaeruddindanJunaedi.2007. KurikulumSebagaitingkatPendidikan.NuansaAksara:Semarang

Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengmbangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Yudha, Purna Yustiawan. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Praktik industri Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Cokroaminoto Pandak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

I Nengah Edi Imawan. 2012. Relevansi Kurikulum Program Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK 3 YOGYAKARTA Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha/Industri (DUDI) Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM).ediinengah@gmail.com (diakses pada 23 Oktober 2014 pukul 11:01)

Widiyati, Isma. 2013. RelevansiKurikulumSmk BerbasisIndustri KreatifDenganMetode ExtrapolationAnd TheEconometricApproach. Jurnal dari FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

E.Mulyasa.2005.KurikulumBerbasisKompetensi:Konsep,Karakteristik,danImplementasi.Bandung:RemajaRosdakarya.

Utomo, Handaru. 2012. Kesiapan Kerja Siswa SMK N 2 Yogyakarta Program Keahlian Teknik Listrik dalam Menghadapi Globalisasi Dunia Kerja. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. 2011. Standar Kompetensi Lulusan (Akuntansi). Kementrian Pendidikan Nasional

Premono, Agung. 2010. Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan antara Kebijakan dan Realita. Jurnal Penelitian Penabur – No. 15 Tahun ke-9 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.