candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMANFAATAN INTERNET OLEH GURU AKUNTANSI SMK-BM KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Arief Sadjiarto - -

Abstract


Keberadaan internet dan segala fasilitas yang ada dapat memberikan pengetahuan baru ataupun menelusuri bahan ajar bagi guru sehingga internet sebagai sumber belajar yang lebih mudah dan dapat memperkaya wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi Guru Akuntansi SMK-BM di Salatiga.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populasi yang sama dengan sampel adalah seluruh Guru Akuntansi aktif SMK-BM di Salatiga dengan menggunakan analisis data Chocran Q-test.

Hasil penelitian menunjukkan H0 diterima pada uji ke enam menunjukkan bahwa Qhitung adalah 11.582 berada pada signifikasi > 0.05 dengan 9 indikator yang diterima karena terdapat kesamaan pendapat adalah Mencari bahan melalui internet, Mencari bahan melalui blog/web, Mencari jurnal dan penelitian melalui internet, Menggunakan internet setiap hari, Dorongan pribadi untuk menggunakan internet, Menyelesaikan tugas tepat waktu, Memiliki group dalam media sosial, Pekerjaan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan internet dan Informasi lebih cepat diterima melalui internet. Namun demikian ada 6 indikator yang ditolak yakni Bertukar informasi melalui e-mail, Membaca berita terkini melalui situs harian regional di internet, Mendapatkan buku melalui internet, Memiliki group dalam media sosial, Berdiskusi kelompok melalui Mailling List, dan Menggunakan E-Learning.

Guru Akuntansi SMK-BM di Salatiga disarankan untuk lebih mempertinggi efektifitas penggunaan internet sebagai sumber belajar. Tidak hanya sekedar mencari bahan maupun jurnal dan atau penelitian untuk kegiatan pembelajaran tetapi juga dapat digunakan untuk menulis karya sehingga dapat meningkatkan profesionalitas Guru Akuntansi, disarankan pula untuk menggunakan internet secara baik untuk menambah kasanah bahan pemikiran bagi peningkatan kemampuan daya saing Guru.

 

Kata kunci : Internet, Sumber belajar, Guru SMK-BM


Full Text:

PDF

References


Allan, 2005. Pengertian Internet

http://perpustakaandigitallaylan.weebly.com/uploads/2/0/5/7/20579744/pengertian_internet.pdf (diakses 26 Juli 2015)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. 2010, Jakarta : Rineka Cipta

Baharudin, Esa Nur. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Frangenheim, Eric. 2010, Reflections on Classroom ThingkingStrategies.Rodin Educational Publishing. Queensland, Australia 4129.

Harsono, H.C Yohanes. 2005. Kurikulum Terpadu. Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta : Aditya Media

Hattie, John. 2012. Visible Learning For Teachers. Maximizing Impact on Learning. Routledge Oxon, NewYork. NY 10017.

Jaringankomputer.org. 2015. Pengertian Internet. (di akses 28 Juli 2015)

Kominfo.go.id. 2013. Pengguna Internet di Indonesia

http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.VA5uqthd4uw (di akses 16 Juli 2015)

Munawaroh, Hadiatul. 2009. Media Online Sebagai Sumber Belajar Di Kalangan Guru (Studi Kasus Terhadap Beberapa Guru Jurusan KPI Angakatan 2006). Skripsi. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

http://digilib.uinsuka.ac.id/view/creators/HADIATUL_MUNAWAROH_-__NIM=2E_02210929=3A_=3A=3A.html (diakses 16 Juli 2015)

Rochaety, Eti dkk. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2011. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alabeta.

Wardhani, Risma Asfi Setya Kusuma. 2013. Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Sma Negeri 4 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/2273 (diakses 15 Juli 2015)

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta

Wikipedia. Sejarah Internet. http;//id.m.wikipedia.org/wiki/Media_Sosial (diakses 14 Juli 2015)

Wulaningsih, Ira Dkk. 2013. Analisis Terhadap Atribut-Atribut Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Menggunakan Metode Cochran Q-Test (Studi Kasus : Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Samarinda Tahun 2013). Jurnal. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman. (Diakses 19 Juli 2015)

Buletin, L., 2017. Berita Terkini. [Online] Available at: http://www.buletinlokal.com/ [Accessed 1 february 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.