candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TSTS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SMA N 1 BOBOTSARITAHUN AJARAN 2014/2015

Anggraheni Diyah Larasati - -, Sunarto - -, Jonet Ariyanto Nugroho - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar ekonomi pada  siswa  kelas X-I SMA Negeri 1 Bobotsari tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran  kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa X-I SMA N 1 Bobotsari Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar. Sebelum diterapkan medel pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik nilai rata-rata kelas adalah 69,88 atau dengan presentase ketuntasan 32,36%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar2,94%, berpikir luwes 0%, berpikir orisinil2,94%, elaborasi 2,94%, dan  evaluasi0%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77 atau dengan presentase ketuntasan 70,59%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar 47,05%, berpikir luwes 61,76%, berpikir orisinil 55,88%, elaborasi 52,95%, dan  evaluasi 58,82%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 81 atau dengan presentase ketuntasan 82,35%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar 82,35%, berpikir luwes 73,53%, berpikir orisinil 79,41%, elaborasi 85,30%, dan  evaluasi 70,58%.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Pendekatan Saintifik, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Jakarta: Gava Media.diakses tanggal 21 Januari 2015)

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Lie, Anita. (2007). Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia

Mahyuni, Meter, Suara (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 8 Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014 (Versi Elektronik). E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun:2014. Diperoleh 5 Februari 2015 dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2150

Munandar, S.C.U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Penerjemah: Nurulita. Bandung : Nusa Media.

Sulistiani, Asih. (2010). Implikasi Metode Diskusi Terbimbing Dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD N 1 Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2009-2010. Skripsi. Surakarta: Unversitas Sebelas Maret

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Widiawati, Sriyono, Nur Ngazizah. (2012). Pengaruh Pola Pembelajaran Dan Kreativitas Berpikir Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Fisika Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011/201 (Versi Elektronik). Jurnal. Purworejo:Universitas Muhammadiyah Purworejo, 1 (1), 41-44. Diperoleh 17 Januari 2015,dari http://portalgaruda.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.