candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PRESTASI BELAJAR MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA DALAM PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PENDIDIKAN TATA NIAGA FE UNIMED

Amin Fadly Kudadiri - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh prestasi belajar micro teaching terhadap kemampuan mengajar PPL 2) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PPL 3) pengaruh prestasi belajar micro teaching  dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PPL Prodi Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2010  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

                Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di Prodi Pendidikan Tata Niaga FE Unimed. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan tata niaga FE Unimed yang mengikuti mata kuliah micro teaching dan program pengalaman lapangan (PPL) yang berjumlah 98 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar micro teaching terhadap kemampuan mengajar PPL, dengan thitung = 0,234 < t tabel = 1,662. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PPL, dengan thitung = 7,230 > t tabel = 1,662. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar micro teaching  dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PPL, dengan Fhitung = 31,710 > F tabel = 3,09 dan per  samaan regresinya Y = 17,430 + 0,042 X1+0,687X2. Angka R Square sebesar 40% menunjukkan  bahwa persentase variabel independen (prestasi belajar micro teaching dan bimbingan guru pamong) berpengaruh sebesar 40% terhadap kemampuan mengajar dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: Micro teaching, bimbingan guru pamong, kemampuan mengajar PPL


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Asril, Zainal. Micro teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Azharm. Definisi, Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. http://azharm2k.wordpress.com/2012/05/09/definisi-pengertian-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/ (11 Mei 2014, 00 : 21)

Brown, George. Micro Teaching A Programme Of Teaching Skills. New York : J.W. Arrowsmith Ltd, Bristol

Fatek. Prestasi Belajar http://fatekunima.blogspot.com/2013/07/pengertian-lengkap-prestasi-belajar.html (13 Mei 2014, 08.58)

Novitasari, Fitria. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.1 No. 3 http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2551 (Diakses 9 Januari 2014)

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara

Hamid, Hamdani.2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Hasan. 2006. Analisis data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara

Muukhibad, Hasan & Susilowati, Nurdian. 2010. Studi Evaluasi Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. JURAKSI (Jurnal Akuntansi) Vol. 39, No. 2. http:journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/227 (Diakses 9 Januari 2014)

Natalia S, Dea. 2013. Pengaruh Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL FKIP UNS Surakarta. (JUPE) Jurnal Pendidikan Ekomomi Vol.1, No. 1 http://eprints.uns.ac.id/1118/ (Diakses 9 Januari 2014)

Rusmayasari, Wida. 2012. Hubungan Antara Prestasi Belajar Mata Kuliah Micro teaching dan Motivasi Belajar dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Sebelas Maret. Vol. 1 No. 4. JIPTEK www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/1857 (Diakses 9 Januari 2014)

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro teaching. Ciputat : Quantum Teaching

Sukirman, Dadang. 2012. Micro teaching. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Tim UPPL. 2013. Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Terpadu Tahun Ajaran 2013/2014. Medan : Unimed

Utomo, Supri Wahyudi. 2012. Pengaruh Prestasi Belajar Perencanaan Pengajaran dan Micro Teaching Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun. ASSETS (Jurnal Akuntansi dan Pendidikan) Vol. 1, No.1. http://eprints.uns.ac.id/1118/ (Diakses 9 Janari 2014)

Wardani, I.G.K. ; Suparno, Anah. 1994. Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.