candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH AKSES INTERNET DAN MOTIVASI BERKULIAH TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UKSW

Alex Ch. D. Mira Kaho - -, Indra Lesmana - -, Susi Hernawati Silalahi - -

Abstract


Berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru yang profesional perlu memiliki 4 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut dapat dibangun melalui berbagai cara, salah satunya dengan berkuliah di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur pengaruh akses internet dan motivasi berkuliah terhadap kesiapan menjadi guru profesional dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Data dikumpulkan dengan teknik angket yang dibagi kepada sampel mahasiswa sebanyak 41 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses internet berpengaruh positif terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru profesional. Nilai beta variabel akses internet sebesar 0,085 dengan nilai t 2,193 yang signifikan pada tingkat kesalahan 0,034 (lebih kecil dari 0,05) yang berarti H0 ditolak atau ada pengaruh positif akses internet terhadap kesiapan menjadi guru profesional. Sedangkan nilai beta variabel motivasi sebesar 0,077, dan nilai t 1,090 yang signifikan pada tingkat kesalahan 0,282 (lebih besar dari 0,05) yang berarti H0 diterima, atau tidak ada pengaruh motivasi terhadap kesiapan menjadi guru profesional. Koefisien determinasi dari akses internet sebesar 0,11 yang berarti akses internet dapat menjelaskan kesiapan menjadi guru profesional sebesar 11%. Sedangkan koefisien determinasi dari pengalaman organisasi sebesar 0,03 yang berarti pengalaman organisasi dapat menjelaskan kesiapan menjadi guru profesional sebesar 3%. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada program studi Pendidikan Ekonomi untuk memberikan fasilitas lebih dalam hal akses internet untuk mencetak lulusan sebagai guru yang profesional.

 

Kata kunci: akses internet, motivasi, kesiapan, guru professional


Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2012.Antara ICT dan Manajemen Pendidikan. http://file.upi.edu/Direktori/ FIP/

Dwi Wahyuni, 2005. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Harry B. Santoso, dkk., 2006. e-Learning: Belajar Kapan Saja, Dimana Saja. http://www.unhas.ac.id/ Learning.pdf

Jaedun, A. 2009. Model Peningkatan Mutu Sekolah. Makalah (Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan Implementasi Web Based Learning dalam Pembelajaran Interaktif Bagi Guru-guru Menyongsong SMK RSBI di Kabupaten Sleman, Tanggal 7 – 8 dan 14 – 15 Agustus 2009)

Jurnal Kajian Lemhannas RI Edisi 16 November 2013

Romi Satria Wahono, 2005. Pengantar e-Learning dan Pengem¬bangan¬nya. www.ilmukomputer.com

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siswanto, 2010. Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan Fise Uny. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol 7, no 1, 2010

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

UU RI No. 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.