candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA KELAS IV SDN 1 RECO KERTEK WONOSOBO SEMESTER II TAHUN 2013/2014

Achid Setia Adhi Purnama - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar tema keanekaragaman hewan dan tumbuhan dapat diupayakan melalui pendekatan scientific siswa kelas IV SDN 1 Reco Kertek Wonosobo semester II tahun  2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model spiral yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Dengan masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Instrumen penelitiannya dengan lembar observasi dan rubrik aktivitas belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus yang meliputi distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik keanekaragaman hewan dan tumbuhan kelas IV semester II tahun 2013/2014 dengan menggunakan pendekatan scientific. Hal ini terlihat pada adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar apabila dibandingkan dengan kondisi pra siklus dimana ketuntasan hasil belajarnya 0%. Pada siklus 1 ketuntasannya meningkat menjadi 41,38%, di siklus 2 meningkat menjadi 89,66%, siklus 3 meningkat menjadi 96,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar tematik keanekaragaman hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN 1 Reco Kertek Wonosobo semester II tahun 2013/2014.

 

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Darmansyah, 2006, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Faiq, Muhammad. 2013 . Jenis-jenis Tes. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com . Yang diakses pada 27 Januari 2014.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. No.65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

___________. No.66.2013. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta

Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka

Ruby, Audies. 2013. Taksonomi Bloom dan Konsep Permasalahan. http://audiesruby.blogspot.com/2013/12/taksonomi-bloom-dan-konsep-permasalahan.html. Yang diakses pada 8 Maret 2014.

Suadinmath. 2013.Pembelajaran tematik Terpadu Dalam Kurikulum 2013.

http://suaidinmath.wordpress.com/2013/09/03/pembelajaran-tematik-terpadu-pada-kurikulum-2013/. Yang diakses ulang pada 6 Mei 2014

Supardi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suswati, Hermin. Penerapan model SETS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 2 Malang. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id. Yang diakses pada tanggal 8 Februari 2014.

Tristanti, Ika Diana. Penerapan pendekatan scienceenvironment technology society (SETS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Selorejo Tulungagung .http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48690. Yang diakses pada tanggal 10 Februari 2014.

Wardani, Naniek Sulistya dkk. 2012.Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.