candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA UMKM PENGRAJIN BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SURAKARTA

Alifta Lutfiaazahra - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengelola UMKM pengrajin batik di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta mengenai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), mengetahui penerapan SAK ETAP, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan SAK ETAP.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah UMKM pengrajin batik di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer berupa informasi dan data yang diberikan pemilik UMKM, sedangkan sumber data sekunder berasal dari website, dokumen-dokumen yang mendukung. Teknik  pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probabilitas sampling dengan snow-ball sampling. Teknik analitis data dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian dari sembilan belas UMKM pengrajin batik diketahui bahwa enam UMKM pengrajin batik menerapkan SAK ETAP dan tiga belas UMKM pengrajin batik tidak menerapkan SAK ETAP. Diketahui bahwa  ada dua UMKM pengrajin batik yang tidak melakukan pencatatan, sebelas UMKM pengrajin batik hanya membuat pencatatan keuangan sederhana tanpa membuat laporan keuangan, dan enam UMKM pengrajin batik membuat laporan keuangan.

 

Kata kunci: implementasi, SAK ETAP, UMKM

 

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Augustine, Y; R. Kristaung. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Dian Rakyat.

Cahyono, A. T. 2011. Meta Teori Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia- Menuju Konvergensi SAK di Masa Globalisasi. Jurnal Eksis. 7: 2.

Chrisnayani, A.T. 2009. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Skripsi. Surakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.

Hadiwijaya, H. 2011. Persepsi Siswa terhadap Pelayanan Jasa Pendidikan pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS). 1: 3.

Harisah, A; Z. Masiming. 2008. Persepsi Manusia terhadap Tanda, Simbol dan Spasial. Jurnal SMARTek. 6: 1.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Pedoman Standar Akuntansi Keuangan.7.

Ikatan Akuntan Indonesia. Kerangka Dasar Penyusunan Penyajian Laporan Keuangan (KDPPLK). 23 September 2012.

Ikatan Akuntan Indonesia. Pedoman Standar Akuntansi Keuangan No. 01 Revisi 2009.

Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. 2009. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kristanto, E. 2011. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada UMKM pengrajin Rotan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Montero, P.M; I. A. Lozano; J. T. Quiros; E. P. Calderon. 2010. Accounting Standards for Small and Medium-Sized Entities Evidence from Spain. Contaduriay Administracion. 235.

Mujiyana; L. Sularto; M.A. Mukhyi. 2012. Pengaruh Penerapan Periklanan di Internet dan Pemasaran Melalui E-Mail Produk UMKM di Wilayah Depok. J@TI UNDIP. 7:3.

Peraturan Menteri Keuangan No. 76 Tahun 2008 tentang Pedoman Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum.

Probowati, P.T. 2011. Reproduksi Masyarakat dan Implikasi Spasial dalam Proses Transformasi Kampung Laweyan. Tesis. Jakarta: Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Rudiantoro, R; S.V. Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh. Universitas Indonesia.

Sriyana, J. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi Kasus di Kabupaten Bantul. Simposium Nasional. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Wahdini; Suhairi. 2006. Persepsi Akuntan terhadap Overload Standar Akuntansi Keuangan (SAK) bagi Usaha Kecil dan Menengah. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Widyaningrum, D.E. 2012. Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo. Tesis. Jakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wulanditya, P. 2011. Kemudahan Penyajian Pajak Penghasilan (PPh) bagi Pengusaha UMKM dengan SAK ETAP. Pamator. 4: 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.