candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Abdoel Bakar TS - -

Abstract


Prestasi seseorang diakui atau tidak sedikit banyak akan dipengaruhi oleh rasa keberagamaan (religiusitas). Melalui pemahaman terhadap ajaran-ajaran agamanya tersebut, tentu melahirkan kebiasaan-kebiasaan dalam aktifitasnya, salah satunya kebiasaan belajarnya. Kebiasaan belajar ini secara ideal setidaknya akan meningkatkan prestasi belajarnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) Mengkaji pengaruh religiusitas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Kanjuruhan Malang. (b) Variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Kanjuruhan Malang.

 

Achievement someone recognized or less will not be affected by a sense of religiosity. Through an understanding of the teachings of the religion, of course spawned habits in the activity, one or the other study habits. This study habits ideally at least will improve academic achievement.

The aim of this study was to (a) Assessing the influence of religiosity and study habits on student achievement Kanjuruhan economic education at the University of Malang. (b) what is the most dominant variable in influencing student achievement Prodi Economic Education at the University Kanjuruhan Malang.

Based on the results, it can be disclosed: (a) Religiosity has a significant influence on learning achievement. (b) learning habits did not significantly influence learning achievement. (c) the ritual dimension of religiosity has a dominant influence and significant impact on learning achievement. (d) Religiosity and Study Habits do not have a significant influence on learning achievement.

 

Kata Kunci: Religiusitas, Kebiasaan Belajar, Prestasi


References


Abidin, Muhammad Zainal. 2010. Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa.http://meetabied. wordpress.com. Diakses tanggal 19 Juni 2010.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Ancok, Djamaluddin., (1994) Psikologi Islami : Solusi Islam atas Problema-problema Psikologi, Pustaka Pelajar, Jogjakarta

Azwar, Saifudin, (1992), Reliabilitas Dan Validitas, Sigma Alpha, Yogyakarta.

Churohman, Mifta. 2010. Teori, Prinsip, dan Konsep Pembelajaran. http://miftachr. blog. uns.ac.id. Diakses tanggal 5 Oktober 2010.

Covey, Stephen R., 1993. The 7 Habits Of Highly Effective People, terj. Budijanto, Bina Aksara, Jakarta

Daradjat, Zakiah. (1989). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental.

Depdikbud, 1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai pustaka, Jakarta

Gie, The liang, 1995, Cara Belajar yang Efisien Jilid II, Liberty, Yogyakarta

Gazalba, S. (1985). Asas Agama Islam.

Santoso, Singgih, (2002), Buku Latihan SPSS Statistik Multivariate, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Supriyatno, Triyo, 2007, Teori Belajar Konstruktivistik: Aplikasi dalam Dunia Belajar Siswa dan Dunia mengajar Guru, Makalah Disajikan dalam Perkuliahan Program Akta VI, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Malang 18 Juni 2007

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta

Syari’ati, Ali., (1992) Humanisme Antara Islam dan Mazhab Barat. Pustaka Hidayah, Bandung.

Suhardiyanto., (2001) Pendidikan Religiusitas, Kanisius, Jogjakarta

W. J. S, Poerwodarminto, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Balai Pustaka, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.