candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA INSTITUSI PENDIDIKAN: STUDI KASUS PADA SMP PRAWIRA MARTA KARTSURA

Sabrina Amaliawati - -

Abstract


 

 

ABSTRAK

Sekolah memiliki tugas untuk mengelola keuangan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sehingga uang yang beredar dapat dimanfaatkan secara optimal. Pengelolaan keuangan sekolah yang optimal memaksa sekolah melakukan proses manajemen keuangan sekolah dengan sebaik mungkin. Pengelolaan keuangan sekolah didasari pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan yaitu prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Peraturan tersebut juga menjelaskan bahwa keempat prinsip tersebut digunakan dalam proses pengelolaan keuangan sekolah yang dimulai dari perencanaan, realisasi penerimaan dan pengeluaran dana pendidikan, pengawasan dan pemerikasaan hingga pertanggungjawaban. Penelitian ini merupakan penelitian studi literature dengan mencari referensi teori yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan dan mengetahui realisasi anggaran dalam pengelolaan keuangan di SMP Prawira Marta Kartasura dengan membandingkan fakta yang ditemukan di lapangan dengan kajian teoritis dan emperis dari referensi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Prawira Marta telah melakukan pengelolaan keuangan sekolah dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari fakta yang ditemukan di lapangan yang menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan SMP Prawira Marta sudah akuntabel, efektif dan efesien serta sudah transparansi.

 

Kata Kunci : sekolah, pengelolaan keuangan.

 

 

 


References


Argyropoulou, Eleftheria. (2009). Financial Management in Greek State Schools. ISEA, 37 (2). 111-124.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Fitri, Afrilliana. (2014). Pengdelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandingin Koto Selayan Kota Bukit tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1,Halaman 33 ‐ 831.

Geressu. (2014). Management of Finance with Reference to Selected Secondary School of Oromia Region, Ethiopia. Pratibimba - Volume : 14, Issue :1.

Ikoya, Peter O. (2008). Centralization and Decentralization of Schools’ Physical Facilities Management in Nigeria. Journal of Educational Administration, 46 (5). 630-649.

Leonarti, A., Suyatmini, & Namiro, S. (2015). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen. Naskah Publikasi Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peter Kiplangat Koross, Moses Waithanji Ngware, Anthony Kiplangat Sang. 2009. Principals’ and students’ perceptions on parental contribution to financial management in secondary schools in Kenya. Quality Assurance in Education. Vol. 17 Iss 1 pp. 61 – 78

Rojay.(2015).Makalah Manajemen Keuangan .(online). http://mooza-alkaz.blogspot.co.id/2013/01/makalah-manajemen-keuangan-pendidikan.html. di akses Tanggal 12 Desember 2016 Jam 12.21 WIB

Xaba dan Ngubane. (2010). Financial accountability at schools: challenges and implications Journal of Education. No.5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.