candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi pada sekolah Al-Islam dan Muhammadiyah di Surakarta)

Risa Alkurnia - -, Aulia Anggraini - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk memberikan suatu analisis deskriptif mengenai pengelolaan manajemen keuangan di instiusi pendidikan. Institusi pendidikan yang mana bergerak dalam kegiatan nirlaba juga melakukan proses manajemen. Institusi pendidikan dituntut untuk melaksanakan proses manajemen yang optimal berdasarkan konsepsi manajemen berbasis sekolah (MBS). MBS bertujuan untuk memberdayakan sekolah dalam menetapkan berbagai kebijakan internal sekolah yang mengarah pada peningkatan mutu dan kinerja sekolah secara keseluruhan. Berdasarkan pengambilan data dilakukan di MA Al-Islam Surakarta dan SMP Muhammadiyah 4 Sukodono, kedua sekolah tersebut berbasis yayasan yang mana sebagian besar sumber pendapatan berasal dari Yayasan, SPP dan pemerintah, berbeda halnya dengan sekolah negeri yang berasal dari BOS. Secara praktis hasil penulisan dari artikel ini diharapkan mampu memberikan wawasan mengenai pengelolaan keuangan pada lembaga sekolah swasta dimulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), pencatatan, pertanggung jawaban atau pengawasan (controling) serta pelaporan (reporting) yang berdasarkan prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.

 

Kata Kunci: seminar nasional, manajemen keuangan, lembaga pendidikan.

 

 

ABSTRACT 

The purpose of this paper is to provide a descriptive analysis of the financial management arrangements educational institution. Educational institution which is engaged in non-profit activities also perform management processes. Educational institutions are required to implement the optimal management process based on the conception of school-based management (SBM). SBM aims to empower schools in the school setting various internal policies that lead to improved quality and overall school performance. Based on the data collection was done in MA Al-Islam and SMP Muhammadiyah 4 Sukodono, the second school based foundation which is mostly a source of revenue comes from the Foundation, SPP and the government, unlike the case with public schools comes from the BOS. In practical terms the results of writing of this article is expected to provide insight into the financial management of the institution of private schools starting from planning, actuating, Controlling, and reporting which based of principles of fairness, efficiency, transparency, and public accountability.

 Keywords: national seminar, financial manajemen, educational institution.

References


Engkoswara dan Aan Komariah. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Fattah. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Posdakarya.

Fattah, Nanang. (2009). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remada Rosdakarya Offset.

Halim, A. dan Muhammad Syam K. (2012). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Krina Lalolo. (2003). Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparasi dan Partisipasi. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Uang Negara/Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Referensi Jurnal:

Agustinus. (2012). School-based management developments: challenges and impacts, Journal of Educational Administration, Vol. 50 Iss 6 pp. 845 - 873

Gorrettie K, Venancio T, Joseph M & Stephen K. (2016). Public finance regulatory compliance among public secondary schools. International Journal of Social Economics, Vol. 43 Iss 11 pp. 1135 - 1155

Mah’d, O. A. (2014). The Ministry of Higher Education’s Role in Private Jordanian Universities and The Hidden Tool of The Budget. Education, Business and Society: Contamporary Middle Eastern Issues, Vol 7 lss 2/3, 133-151.

Tooley, S. Guthrie, J. (2007). Budgeting in New Zealand secondary schools in a changing devolved financial management environment. Journal of Accounting & Organizational Change, Vol. 3 Iss 1 pp. 4 – 28.

Yunas, M. (2014). Financial Management for Improving Efficiency of School: Issues and Concerns. International Journal of Education and Social Science, Vol 1 (1).

Wijaya, David. (2009). Implikasi Manajemen Keuangan Sekolah Terhadap Kualitas Pendidikan.. Jurnal Pendidikan Penabur, Nomor 13 Tahun ke 8. Hal 80-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.