candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Riang Nana Sari - -

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban (139 siswa), dan sampel sebanyak 103 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan gabungan dari 2 teknik, yaitu teknik secara acak dan proporsional/ sebanding. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2014/2015; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2014/2015; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan interaksi kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2014/2015.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

 

The objectives of this research are to investigate the effect of emotional intelligence and learning environment on the learning result in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program of State Senior Secondary School 1 of Mojolaban in Academic Year 2014/2015. This research used the quantitative method, with population of 139 studentas, and the samples of 103 students. They were taken by using two combined sampling techniques, random and proportionate. The data were collected through questionnaire and documentation, and analyzed by using the multiple linear regression technique of analysis. The results are: (1) there is a positive and significant  effect of the emotional intelligence on the learning result in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program of State Senior Secondary School 1 of Mojolaban in Academic Year 2014/2015; (2) there is a positive and significant effect of the learning environment on the learning result in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program of State Senior Secondary School 1 of Mojolaban in Academic Year 2014/2015; and (3) there is a positive and significant interaction of effect between the emotional intelligence and the learning environment on the learning result in Accounting of the students in Grade XI of Social Science Program of State Senior Secondary School 1 of Mojolaban in Academic Year 2014/2015.

 

Keywords: Emotional intelligence, learning environment, learning result 


References


Arifin, S. (2008). Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015: Memperkuat Sinergi ASEAN di tengah Kompetisi Global. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Burns, R. B. (2003). Teori Konsep Diri, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Terj. Eddy. Jakarta: Penerbit Arcan.

Destiana, R. dan Sukirno. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar, Peran Teman Bergaul dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Seyegan. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 3 (2). Pp. 27-40.

Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21, Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ. Alfabeta.

Fauzi, M., N. dan Pardiman. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 2 (2). Pp. 56–80.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. Alih Bahasa, T. Hermaya. Cetakan XIII. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hafid, A., Ahiri, J., dan Haq, P. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Janawi. (2013). Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Koesrianti. (2013). Pembentukan ASEAN Economic Community 2015: Integrasi Ekonomi Berdasar Komitmen Tanpa Sanksi. Law Review. Volume XIII, No. 2 – November.

Martinis, Y. (2006). Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Motlagh, S. E., Amrai, K., Yazdani, M. J., Abderahim, H. A., dan Souri, H. (2011). The relationship between self-efficacy and academic achievement in high school students. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. Pp. 765–768.

Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspawarni, R., D. dan Taman, A. (2012). Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 2 (2). Pp. 81-108.

Ruokonen, I., Kiilu, K., Muldma, M., Vikat, M., dan Ruismaki, H. (2011). They have always supported my choices. Creative catalysts in university students’ learning environments. Procedia-Social and Behavioral Sciences 29. Pp. 412 – 421.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Smith, S. V. (2011). Integrate neuroscience into work-based learning programs: designing programs based on scientific theory. Development and Learning in Organizations: An International Journal. Vol. 25 Iss 5. Pp. 13–16.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarso. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sztompka, P. (2008). Sosiologi Perubahan Sosial. Terj. Alimandan. Jakarta: Prenada.

Todaro, M. P. dan Smith, S. C. (2003). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Triwindarti, R. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia. 1 (2). Pp. 1-33.

Yazici, H., Seyis, S., dan Altun, F. (2011). Emotional intelligence and self-efficacy beliefs as predictors of academic achievement among high school students. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. Pp. 2319–2323.

Yusuf, M. (2011). The impact of self-efficacy, achievement motivation, and self-regulated learning strategies on students’ academic achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. Pp. 2623–2626.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.