candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI

Puji Santoso - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk memberikan suatu analisis deskriptif mengenai keunggulan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) sebagai upaya dalam  peningkatan hasil belajar ekonomi.  Project Based Learning (PBL) dapat digunakan dalam upaya menumbuhkan pemahaman dan daya nalar siswa. Model pembelajaran ini melibatkan peran aktif siswa untuk menghasilkan produk atau proyek yang mampu mendorong kemampuan siswa dalam memahami suatu pengetahuan melalui sintaks yang sistematis. Project Based Learning (PBL) telah banyak digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Penelitian-penelitian terdahulu telah menunjukkan adanya keunggulan yang dimiliki pada model Project Based Learning (PBL). Secara praktis hasil penulisan dari paper ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta masukan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL).

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, ekonomi

 

The purpose of this paper is to provide a descriptive analysis of the advantages of the use of the learning model Project Based Learning (PBL) as an effort to improve the results of the economic study. Project Based Learning (PBL) can be used in an effort to foster understanding and reasoning power of students. This learning model involves the active participation of students to produce a product or project that encourages students' ability to understand the knowledge through systematic syntax. Project Based Learning (PBL) has been widely used in the effort to improve learning outcomes. Previous studies have shown the advantages of the model of Project Based Learning (PBL). In the practical results of the writing of this paper is expected to provide insights and feedback for teachers in implementing the learning Economics by using model Project Based Learning (PBL)

 

Keywords: Learning Model, Project Based Learning, Economics


References


Departemen Pendidikan Nasional.2005.Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Fitzsimons, John & Rebecca Turner.2013. Integrating Project-Based Learning into an Undergraduate Programme Using Web 2.0 and Videoconferencing. Journal of Applied Research in Higher Education, 5, 129-140.

Gangga, Almes., Jalius Jama., & Ridwan.2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2, 1-21.

Hamdani.2011. Strategi Balajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hutasuhut, Saidun.2010. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen FE Unimed. Pekbis Jurnal, 2, 196-207.

Kemdikbud.2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miswanto.2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek Pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Tulungagung. STAIN.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Poell, Rob & Ferd Van der Krogt.2003. Project-Based Learning in Organizations: Towards A Methodology for Learning in Groups. Journal of Workplace Learning, 15, 217-228.

Ramadhani, Sigit & Ngadiman.2013. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning). Jupe UNS,1, 01-12.

Sutirman.2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thomas, J.W.2000. A Review of Research on Project Based Learning. California : The Autodesk Foundation.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Warsono & Hariyanto.2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wena, Made.2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.