candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KELUARGA, PEMBELAJARAN EKONOMI DAN HASIL BELAJAR TERHADAP LITERASI KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI JAMBI 2016/2017

Novita Sari simanjuntak - -

Abstract


ABSTRAK
Pendidikan sangat berperan penting dalam pembentukan literasi keuangan seorang anak. Otoritas jasa keuangan mencatat tingkat literasi keuangan pelajar tanah air saat ini baru 28% dengan tingkat utilitasnya sebesar 44%. Artinya dari 100 anak hanya 28 anak yang mengetahui tentang keuangan termasuk tabungan. Dengan memberikan pendidikan mengenai pengelolaan keuangan dan menanamkan kepercayaan diri pada generasi muda, akan membantu mereka dalam membuat keputusan keuangan secara matang dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara bersama-sama terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif regresional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara bersama-sama terhadap literasi keuangan siswa SMA Negeri kelas XI IPS di Kota Jambi. Hal ini dilihat dari nilai F hitung (32,623) > F tabel (2,71) dan p-value 0,000 < 0,05. Artinya variabel keluarga, pembelajaaaran ekonomi dan hasil belajar dapat digunakan sebagai predictor untuk memprediksi tingkat literasi keuangan siswa.
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Keluarga, Pembelajaran Ekonomi, Hasil Belajar
Education is very important in the formation of the financial literacy of a child. The financial service authority noted the financial literacy level of learner homeland now 28% with his utility rate of 44 %. Menaing of 100 children only 28 children who know about finance includes saving, by providing education about financial management and instill confidence in the younger generation, will help them in making financial decisions in a mature and effective. The purpose of this research is to find out whether there is influence of family, economic studies and the results of learning together towards financial literacy grade XI IPS SMA Negeri Jambi. This research included in the quantitative descriptive research regresional. The results showed that there was a significant positive influence among families, economic studies and the results of learning together towards financial literacy sman class XI IPS in the town of Jambi. It is seen from the F value count (32.623) > F table (2.71) and p-value 0.000 < 0.05. This means that variables of family, economic studies and the results of the study can be used as a predictor to predict the level of financial literacy of the students.
Keywords : Financial Literacy, Family, Economic Studies, Results Of the Study


References


Nababan, Darman dan Isfenti Sadalia. 2012. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi .Universitas Sumatera Utara.

Shim, Jae K. dan Siegel, Joel G. 2009. Financial management China: Barron’s Educational Series. Inc.

Remund, D L. 2010. Financial literacy explicated: the case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs Volume 44 Issue 2.

Clarke, M. D., Heaton, M. B., Israelsen, C. L., & Eggett, D. L. 2005. The acquisition of family financial roles and responsibilities. Family and Consumer Sciences Research Journal, 33: 321 – 340

Trianto. 2011. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Bandung: Alfabeta

Lutfi & Iramani. 2008. Financial Literacy Among University Student and Its Implications to the teaching Method. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura Volume 11 no. 3

Gutter, et al. 2008. Financial Management Practices of College Student From States With Varying Financial Education Mandates.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Krishna, A., Sari,M., & Rofaidi, R. 2010. “Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya: Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia”. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Hal 552-560.

Chen, H. & Volpe, R. P. 1998. An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial services review 7(2): 107-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.