candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Wahyu Istuningsih - -, Mintasih Indriayu - -, Muhammad Sabandi - -

Abstract


Abstract

The purpose of this research is (1) to find a significant difference between the use of concept attainment model and mind mapping model to student learning outcomes, (2) to determine differences in learning outcomes students more effectively between learning by using the concept attainment instructional models with learning by using mind mapping. This type of research is a kind of quasi-experimental research with study design nonequivalent control group pretest-posttest design. Data analysis technique was used the t test. The results of research showed that: (1) the average value of the two groups have different posttest and evidenced by t-test calculation results obtained t calculate 2,003 bigger than t table 1.992 (df 75th with a 5% significance), (2) the calculation of the value of the gain by t-test obtained t calculate 2,182 bigger than t table 1.992 (df 75th with a 5% significance). Conclusions based on the results of the research are the two models used show a significant difference and concept attainment model is more effective than the model of mind mapping to student learning outcomes on economic subjects class XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar school year 2015/2016.

 

Keywords: concept attainment model, mind mapping model, and learning outcomes.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan concept attainment model dan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan concept attainment model dengan pembelajaran yang menggunakan mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata posttest kedua kelompok memiliki perbedaan dan dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,003 lebih besar dari  t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%), (2) hasil perhitungan nilai gain dengan t-test diperoleh t hitung 2,182 lebih besar dari  t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%). Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah kedua model yang digunakan menunjukkan perbedaan yang signifikan dan concept attainment model lebih efektif dibandingkan dengan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: concept attainment model, model mind mapping, dan hasil belajar

References


REFERENSI

Ahmed, Iftikhar, Aijaz Ahmed Gujjar, Shafqat Ali Janjua, & Naeemullah Bajwa. 2012. A Comparative Study of Effectiveness of Concept Attainment Model and Traditional Method in Teaching of English in Teacher Education Course,12.

Adodo, S,O. 2013. Effect of Mind-Mapping as a Self-regulated Learning Strategy on Students’ Achievement in Basic Science and Technology. Mediterranean Journal of Social Science, 4 (6), 163-172.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Geminastiti, Agung, dan I Wyn Sujana. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantuan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus VII Kecamatan Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Ginting, Monto. 2013. Efektivitas Model Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Rakyat Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Imas & Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kiswandi, Edy Soedjoko, dan Putriaji Hendikawati. 2013. Kompari Model Pembelajaran Concept Attainment Dan Cognitive Growth Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Kumar Amit & Madhu Mathur. 2013. Effect Of Concept Attainment Model On Acquisition of Physics Concepts. Universal Journal of Educational Research: 165-169

Martala, Sari & Jeli Apriani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Konsep Sistem Pernapasan (Studi Eksperimen di SMPN 2 Gunung Sahilan TP.2013/2014). Jurnal Bio Lectura, 1 (2).

Nazar, Muhammad; Djufri; & Mahibbuddin. 2014. Penerapan Model Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Metabolisme. Jurnal Biologi Edukasi

Riswanto & Pebri. 2012. The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (21).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Pnelitian Pendiidikan , Pendekatan Kualitatif , Kuantitatif dan R & D. Bandung: CV ALFABETA

Susan, Nirmala. 2013. Effectiveness Of Mind Mapping Technique On The Achievement In Accountancy Of The Higher Secondary School Students. Conflux Journal of Education, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.