candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI PENYUSUTAN ASET TETAP

Vivi Pratiwi - -

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT) menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator pada materi penyusutan aset tetap kelas XII Akuntansi SMK Negeri di Surabaya yang teruji layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa. Alat evaluasi ini dikembangkan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda (1990). Uji coba dilakukan pada 21 siswa kelas XII Akuntansi yang terdiri dari masing-masing 7 siswa dari SMK Negeri 1 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya, dan SMK Negeri 10 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validasi ahli materi, lembar telaah dan lembar validasi ahli media, analisis soal, dan angket pendapat siswa.Hasil data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase.  Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 86% dengan kriteria sangat layak dan validasi dari ahli media memperoleh skor 96% dengan kriteria sangat layak. Butir soal kemudian dianalisis dan diuji cobakan kepada siswa dengan perolehan  rata-rata persentase pendapat siswa sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas diperoleh rata-rata skor 89% sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa.

 

Kata Kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, ICT, Wondershare Quiz Creator, Penyusutan Aset Tetap.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to produce tools of evaluation of the Information and Communication Technologies (ICT)based learning using Wondershare Quiz Creator application on material depreciation fixed assets class XII Accountancy SMK Negeri in Surabaya proven worthy of use in the evaluation of learning as well as gain a positive response from students. The evaluation tool was developed with the ADDIE model put forth by Reiser and Mollenda (1990). A test performed on the 21 students of class XII Accounting comprising each of 7 students of SMK Negeri 1 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya, and SMK Negeri 10 Surabaya. Research instrument used in the form of the review sheet and validation expert sheet material, the examination and expert validation sheet media, the analysis of the problem, and now the opinion of the students. Results descriptive data are analyzed with techniques of percentage. The results of the validation of material experts acquire score 86% with a very worthy and validation criteria of media experts obtained a score of 96% with the criteria is very decent. Grains of matter then analyzed and tested to students with obtaining the average percentage of student opinions of 85% with criteria very well. The overall results of validation experts and trial limited obtained an average score of 89% so that it can be concluded that the evaluation tool developed stated very decent used in the evaluation of learning as well as gain a positive response from students.

 

Keywords: Evaluation  Learning Tool, ICT,  Wodershare Quiz  Creator, Depreciation Fixed Asset

References


REFERENSI

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Carolin & Trieb, A. (2016).Application of Learning Technologies to Promote Holistic Thinking and Consensus Building in Global Studies.The International Journal of Information and Learning Technology.Vol. 33 (5), Pp. 300- 314.

Hernawati, K. (2009, November). Membuat Quiz/Evaluasi Dengan Wondershare Quiz Creator. Makalah disajikan dalam Kegiatan PPM: Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Interaktif Berbasis Web dengan Menggunakan Perangkat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jovanovska, D., Pacemska, A., Lazarova, L., Pacemska, S., & Kovacheva, T. (2015).Usage of Wondershare Quiz Creator Software for Assesment as a Way of Improving Math Evaluation.Proceedings of the International Conference on Information Technology and Development of Education-ITRO 2015, Zrenjanin, Republic of Serbia, 129-133.

Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan.(2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rolisca, R. U. C., dan Achadiyah, B. N. (2014).Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 12 (1), Pp. 41-48.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.