candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI HUKUM PAJAK DAN PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2013/2014

Uswatun Chasanah - -

Abstract


ABSTRAK

                Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh intensitas belajar terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan; 2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan; 3) Pengaruh intensitas belajar dan fasilitas belajar terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan pada mahasiswa pendidikan akuntansi universitas muhammadiyah surakarta angkatan 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Hasil dari analisis regresi diperoleh persamaan regresi; Y  15,379 + 0,623 (X1) + 0,444 (X2), yang artinya pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan dipengaruhi oleh intensitas belajar dan fasilitas belajar. berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) intensitas belajar memberi kontribusi terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan. Hal ini terbukti dari analisis yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,098 > 1,985 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. 2) fasilitas belajar memberi kontribusi terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,225 > 1,985 dengan nilai signifikansi 0,028<0,05. 3) intensitas belajar dan fasilitas belajar memberi kontribusi terhadap pemahaman materi hukum pajak dan perpajakan. Hal ini terbukti dengan hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 28,668 > 3,074 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 19,529 %. Variabel fasilitas belajar memberi sumbangan efektif 13,57%,sehingga total efektif keduanya sebesar 33,1%,sedangkan 66,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci: intensitas belajar, fasilitas belajar, pemahaman materi

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study to determine: 1) Effect of intensity against retention of material studied tax law and taxation; 2) The effect of learning facilities to understanding of legal materials taxes, and taxes; 3) The influence of the intensity of learning and teaching facilities to the understanding of legal materials taxes and taxation on accounting education student University of Muhammadiyah Surakarta force 2013/2014. This study includes a quantitative descriptive study whose conclusions obtained based on the results of statistical analysis. Results of regression analysis regression equation; Y 15.379 + 0.623 (X1) + 0.444 (X2), which means understanding of tax law and taxation material is influenced by the intensity of learning and learning facilities. based on the analysis and discussion can be concluded that: 1) the intensity of study contributes to the understanding of tax law and taxation matter. This is evident from the analysis of the obtained t> t table is 3.098> 1.985 with significance 0.002 <0.05. 2) learning facilities contributed to the understanding of tax law and taxation matter. This is evident from the results of the regression analysis obtained t> t table is 2.225> 1.985 with 0.028 significance value <0.05. 3) the intensity of learning and teaching facilities to contribute to the understanding of tax law and taxation matter. This is evidenced by the results of the regression analysis obtained Fhitung> Ftable is 28.668> 3.074 with 0.000 significance value <0.05. Variable intensity of learning contribute effectively amounted to 19.529%. Variables effective learning facilities contributed 13.57%, so that the total effective both at 33.1%, while 66.9% are influenced by other variables.
Keywords: intensity of learning, learning, retention of material


References


DAFTAR PUSTAKA

Budiarti, Lina Rahayu (2011) melaporkan hasil penelitian tentang “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Kemampuan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.”

Mudhoffir. 1992. Prinsip Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bamdung : Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyono, Edy (2013) dengan judul ”Prestasi Belajar ditinjau dari Intensitas Belajar Mahasiswa dan Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Mengajar Dosen Pada Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan Tahun Akademi 2011/2012 Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS”

Widoyoko, Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Uzer Usman dan Lilis Setiawati 1993.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.