candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MATERI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA BAGI SISWA KELAS X SMK

Destri Sambara Sitorus - -

Abstract


ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik akuntansi bermuatan pendidikan karakter yang layak digunakan siswa kelas X SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen pada pembelajaran materi menyusun laporan keuangan perusahaan jasa.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah desain program pembelajaran menurut Dick & Carey.Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara serta dianalisis secara deskriptif.Hasil penilaian menunjukkan bahwa komik akuntansi yang dikembangkan layak digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) hasil penilaian dari ahli materi termasuk kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata sebesar 4,62, (2) hasil penilaian dari ahli media termasuk kategori “baik” dengan skor rata-rata sebesar 3,65, (3) hasil penilaian dari ahli pendidikan karakter  termasuk kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata sebesar 5,00, (4) hasil penilaian dari guru akuntansi termasuk kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata sebesar 4,58, (5) hasil penilaian dari uji coba perorangan termasuk kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata sebesar 4,28, (6) hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil termasuk kategori “baik” dengan skor rata-rata sebesar 4,00, (7) hasil penilaian dari uji coba lapangan termasuk kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata sebesar 4,22.

 

Kata kunci: Pengembangan, media komik akuntansi,pendidikan karakter.

 

Abstract

 

This research aims to develop comic learning media containing educational character building, which was suitable for the tenth grade students of business and management expertise program at Vocational High Schools in mastering the material of arranging financial statement of service company.This is a research and development. The development of comic media was applying the steps of instructional design model by Dick & Carey.The data were gained by applying questionnaires and interviews and were analyzed descriptively.The result of the assessment indicates that the developed accounting comic product is suitable to use for the tenth grade students of SMK. It was indicated through: (1) the assessment result from material expert which reached the category of "very good" with the average score is 4.62, (2) the assessment result of media expert reached the category of "good" with an average score is 3.65, (3) the assessment result of the character education expert reached the category of "very good" with an average score is 5.00, (4) the assessment result from accounting teacher reached the category of "very good" with an average score is 4.58, (5) the assessment result from individual testing reached the category of "very good" with an average score is 4.28, (6) the assessment result of small group testing reached the category of "good" with an average score is 4.00, (7) the assessment result of the field testing reached the category of "very good" with an average score is 4.22.

 

Keywords:Development,accounting comic media, educational character building.

 


References


REFERENSI

Angkowo, Robertus, A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koesnandar, Ade. 2004. Unsur-unsur Pokok dalam Penilaian Kualitas Program Multimedia. Jakarta: Pustekkom.

Latuheru, J.D. 1988.Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Indriana, M.L., Ani Widayati. 2012. “Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasarakuntansi untuk siswa SMA kelas XI”. Jurnal Akuntansi Indonesia.Vol. 10 no. 2, Pp:19-31.

Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanaky, Hujair. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Predana media Group.

Smaldino, S.E, dkk. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar.Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sudjana, Nana, Ahmad Rivai. 1990. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibiddin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tiodora, Pinalis. 2014. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMK Kelas X. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

Waluyanto, H.D. 2005.“Komik sebagai media komunikasi visual pembelajaran”.Jurnal Pendidikan. Vol. 7 no. 1, Pp:45-55.

Widoyoko, S.E.P. 2012.Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyaningrum, Y.Y. 2015. Pengembangan Media Komik Akuntansi untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa SMA Kelas XI IPS Pada Pembelajaran Materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Predana Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.