candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATIONPADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIONALKAN PERALATAN KANTOR DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Mujiono - -

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Mengoperasionalkan Peralatan Kantor pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sukoharjo.Melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa.Sumber data berasal dari siswa, guru, data, dan dokumen.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik analisis secara kualitatif dan deskripsi komparatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Mengoperasionalkan Peralatan Kantor Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.Peningkatan terjadi pada siklus I dan Siklus II. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) nilai rata-rata kelas adalah 73 dengan presentase ketuntasan 34,8%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,44 dengan presentase ketuntasan 78,13% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86,11 dengan presentase ketuntasan 80,56 %. Keaktifan siswa untuk aspek visual activities mengalami peningkatan yaitu 75,00% pada siklus I dan mencapai 86,11% pada siklus II . Untuk aspek oral activities yaitu 83,00% pada siklus I dan mencapai 83,33% pada siklus II. Selanjutnya untuk aspek listening activities yaitu 69,45% pada siklus I dan mencapai 80,55% pada siklus II. Kemudian untuk aspek writing activities yaitu 80,56% pada siklus I dan mencapai 91,66% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative tipeGroup Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar Mengoperasionalkan Peralatan Kantor siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo.

 

Kata kunci: Keaktifan, Prestasi Belajar, Group Investigation (GI)


References


Abrami, P. C., Poulsen, C. and Chambers, B. (2004). Teacher motivation to implement an educational innovation: Factors differentiating users and non-users of cooperative learning. Educational Psychology, 24, 201-216.

Akçay, N. O dan Doymus, K. (2012). The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Techniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Students’ Academic Achievements. Journal of Educational Sciences Research, 2 (1), 109-123.

Aksoy, G. ve Doymus, K. (2011). Effect of literacy-practice techniques in the application of cooperative science and technology courses. Gazi University Faculty of Education Journal. 31(2), 43-59.

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Damini, M & Surian, A. (2013). Enhancing Intercultural Sensitivity through Group Investigation-a Co-operative Learning Approach. Journal of Co-operative Studies, 46 (2), 24-3.

Daryanto. (2013). Media Pembelajatran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Doymus, K. (2007). Effects of a Cooperative learning strategy on teaching and learning phases of matter and one-component phase diagrams, Journal of Chemical Education, 84 (11), 1857-1860.

Doymus, K., Karaçöp, A. & Simsek, Ü. (2010). Effects of jigsaw and animation techniques on students’ understanding of concepts and subjects in electrochemistry. Educational Technology Research and Development, 5, 671-691.

Doymus, K., Simsek, Ü. & Simsek, U. (2005). Collaborative learning in the compilation method: the method of cooperative learning and related studies. Erzincan Education Faculty Journal, 7 (1), 59–83.

Fer, S. & Cirik, I. (2006). On teachers and students, the reliability and validity of the scale of a constructivist learning environment What is the job ?. Yeditepe University Faculty of Education Journal. 2 (1), 1-26.

Hanafiah, N dan Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hwang, W.Y., Shadiev, R., Wang,C.Y., & Huang, Z. H. (2012). A pilot study of cooperative programming learning behavior and its relationship with students' learning performance. Computers & Education, 58 (4), 12671281.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson, D. W. & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory Into Practice, 38 (2), 67–73.

Johnson, D. W., Johnson R. T. & Holubec, E. J. (1994). The new circles of learning: cooperation in the classroom and school. Association for Supervision and Curriculum Development, 1250 N. Pitt Street, Alexandria, VA 22314.

Koҫ, Y., Doymuş, K., Karaҫöp A., & Şïmşek, U. (2010). The Effect of Two Cooperative Learning Strategies on the Teaching and Learning of the Topics of Chemical Kinetics. Journal of Turkish Science Education, 7 (2), 52-65.

Lai, Y.-S., Tsai, H.-H., & Yu, P.-T. (2011). Screen-capturing System with Two-layer Display for PowerPoint Presentation to Enhance Classroom Education. Educational Technology & Society, 14 (3), 69–81.

Penciner, R. (2013). Does PowerPoint enhance learning?. CJEM, 15 (2), 109-112.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Theory Research and Practice. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Dua.

Suparno, A. S. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Thobroni dan Mustofa. (2011). Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Turan S., Konan A., Kiliç Y. A., Özvaris S. B., & Sayek I. (2012). The effect of problem-based learning with cooperative-learning strategies in surgery clerkships. Journal of Surgical Education, 69 (2), 226-230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.