candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI

Tri Mulyani Warastuti - -, Baedhowi - -, Susilaningsih - -

Abstract


 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan model  kontekstual yang layak digunakan pada pembelajaran ekonomi untuk siswa SMA, serta mengetahui keefektifan bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan uji gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Nilai validasi yang diperoleh dari ahli materi pembelajaran sebesar 90%, ahli media pembelajaran sebesar 92% , ahli bahasa sebesar 82% , dan praktisi sebesar 98% yang artinya bahan ajar memiliki kualifikasi sangat baik. (2) Peningkatan skor postes pada kelas yang menggunakan bahan ajar dengan model kontekstual sebesar 14,87% dengan nilai gain score 0,47 dan ketuntasan siswa 100%. Sedangkan kelas yang menggunakan buku paket ekonomi dengan peningkatan skor postes sebesar 7,26% dengan nilai gain score 0,31 dan ketuntasan siswa 87,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan model kontekstual layak digunakan dan efektif untuk mendukung upaya peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: bahan ajar, kontekstual, ekonomi

 

Abstract

 

This study aims to produce an instructional material with the model contextual which is feasible for use in teaching economic for Senior High School students, and to investigate the effectiveness of instructional material development results. This study was a research and development (R&D). Analiysis of the data used is descriptive qualitative and quantitative analysis using the gain. The results of the study as follows: (1) Validation expert of instructional material 90%, expert of instructional media 92%, expert of language 82%, and practitioner 98% , that mean the instructional  material is very good qualification. 2) Increase in posttest scores on the class using instructional materials with the model contextual is of 14.87% with a gain score of 0.47 and 100% student mastery, while the class using economic textbooks with posttest scores increased by 7.26% with the gain score of 0.31 and 87.1% student mastery. Based on the results of research concluded thatinstructional material using contextual model is feasible and effective to support improve student learning outcomes.

 

Kata kunci : instructional materials, contextual, economic

References


REFERENSI

Ampa, A. T., Basri, M. dan Andriani, A. A. 2013. The Developmnet of Contextual Learning Materials for the English Speaking Skills. International Journal of Education and Research. Vol. 1. No. 9. 1 – 10.

Asfiah, N., Mosik dan Purwantoyo, E. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal. Vol. 2 (1). 188 – 195.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction . New York: Longman

Hudson, C. C. dan Whisler, V. R. 2005. Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Systemics, Cybernetics and Informatics. Vol. 6. No. 4. 54-58.

Januszewski, A. & Molenda, M. 2008. Educational Technology; A Definition with Commentary. New York: Taylor and Francis Group.

Nasrun. 2014. Contextual Learning Approach in Improving Critical Thinking Skills of Guidance and Counseling Students of State University of Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 18. No 1. 151-161.

Qisthy, F. M. A., Sukardi dan Tarmudji, T. 2012. Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learn¬ing (CTL) Pokok Bahasan Permintaan, Penawaran, dan Ter¬bentuknya Harga Pasar terhadap Peningkatan Hasil Bela¬jar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 5 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Economic Education Analysis Journal 1 (2). 1-6.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Guruan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.