candi borobudur kerajaan di indonesia

KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN GOOGLE SITE DAN GOOGLE FORM PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN

Budi Wahyono - -, Aniek Hindrayani - -, Duta Sabiila Rusydi - -

Abstract


ABSTRAK

 

Mata kuliah Manajemen Keuangan merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai mata kuliah Manajemen Keuangan yang relatif lebih rendah dibanding mata kuliah yang lain, sehingga diperlukan sebuah strategi perkuliahan yang mampu meningkatkan keefektivan perkulianan Manajemen Keuangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektivan penggunaan Google Site dan Google Form pada mata kuliah Manajemen Keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS semester VI (Februari – Juli 2017) kelas A dan B. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah independent samples t test. Berdasarkan hasil analisis dengan independent samples t test diperoleh nilai t hitung 2,070 yang lebih besar dari t tabel (df=55 a=5%) yaitu 2,004. Nilai taraf signifikansi yang diperoleh dari analisis independent samples t test adalah 0,043 (lebih kecil dari 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai kelas eksperimen (menggunakan google site dan google form) dengan nilai kelas kontrol (menggunakan slide powerpoint).

 

Kata kunci: Google Site, Google Form, Manajemen Keuangan, Independent Samples T Test

 

ABSTRACT

 

Financial management course is considered as one of the most difficult courses learned by economics education students. It was found that the students’ scores for financial management course were relatively low. Hence, there should be a teaching strategy effective to teach financial management course.  This study was conducted to examine the effectiveness of Google Site and Google Form implementation to teach financial management course. This study was a quantitative study employing quasi-experimental design. The subjects of the study were the fourth semester (February – July 2017), A and B class students of economics education, teacher training and education faculty, Universitas Sebelas Maret. The data were collected through tests (pre-test and post-test). The collected data then were analyzed by using independent samples t-test. Based on the independent samples t-test analysis,tscoreis higher than ttable (2.070>2.004) (df=55 a=5%). The level of significance obtained from independent samples t-test analysis was 0.043 (lower than 0.05). The results showed that there was significant score difference between experimental group students (taught by using Google Site and Google Form) and control group students (taught by using Power Point slides).

 

Keywords: Financial Management, Google Site, Google Form, Independent Samples T-Test


References


REFERENSI

Creswell, J. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed: Edisi Ketiga. Terjemahan: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam dan Fuad. 2008. Structural Equation Modeling. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lin, Hong-Min; Chen, Whn-Ju &Nien, Shu Fen. 2014. The Study of Achievement and Motivation by e-Learning–A Case Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 4, No. 5, October 2014.

Prayito, Muhammad. 2012. Keefektifan Pembelajaran E-Learning Berbasis Website Pada Mata Kuliah Teori Bilangan di IKIP PGRI Semarang. JMP: Volume 4 Nomor 1, Juni 2012, hal. 91 – 107.

Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.