candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA BERBASIS SCIENTIFIC IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Suparno - -

Abstract


ABSTRAK

 

Hasil belajar ekonomi SMA secara Nasional turun dalam 3 tahun terakhir. Pada waktu yang sama indeks mata pelajaran ekonomi terendah dibandingkan yang lainnya dan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) masih jauh dari yang ditargetkan. Kondisi tersebut membutuhkan strategi yang tepat sebagai optimalisasi pembelajaran. Kurikulum 2013 didesain untuk mengembangkan kompetensi seimbang dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui kreatifitas yang berpusat pada siswa melalui pendekatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Proses pembelajaran berbasis scientific tersebut harus tampak dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Strategi pembelajaran sebagai rangkaian kegiatan termasuk didalamnya metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.

Dalam pembelajaran kurikulum 2013 guru dapat mengembangkan kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran sesuai karakteristik sekolah sehingga mampu mengoptimalkan hasil belajar. Pembelajaran berbasis saintific melaksanakan langkah langkah 5M yang dapat dipadukan dengan metode dan media guru dalam pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan problem based learning, project based learning, serta discovery. Guru harus inovatif mengembangkan pembelajaran dengan melaksanakan setting kelas yang kondusif, melaksanakan 8 keterampilan dasar mengajar, sehingga lingkungan pembelajaran mendukung. Guru harus mampu menguasai strategi pembelajaran yang baik. Dari perencanaan hingga penilaian autentik dapat dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi. Setelah penetapan KKM dan memberikan remedial kompetensi, apabila kelas masih setengah lebih dibawah nilai ketuntasan maka guru harus mengulang pembelajaran.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Ekonomi, Scientific, Kurikulum 2013

 

ABSTRACT

 

The results of the economic study by the National High School down in the last 3 years. At the same time the lowest index of economic subjects than others, and the value of Teacher Competency Test (UKG) is still far from the target. The condition requires the right strategy as the optimization of learning. 2013 curriculum is designed to develop competencies balanced in attitudes, knowledge, and creativity skills through a student-centered approach to observe, ask, try, reason, and communicate. The scientific-based learning process should be visible in the planning, implementation and evaluation.

Learning strategy as a series of activities including the methods and the utilization of various resources / strengths in learning is done through the steps of learning, use of facilities and learning resources to support the achievement of learning objectives effectively.

In 2013 the learning curriculum teachers can develop basic competencies and learning objectives according to the characteristics of the school so as to optimize the learning outcomes. Saintific based learning 5M implement steps that can be combined with the methods and media teachers in learning. Learning implemented with problem based learning, project based learning, and discovery. Teachers must develop innovative learning by implementing a conducive classroom setting, carry out eight basic skills teaching, so that the learning environment support. Teachers should be able to master a good learning strategy. From the planning to the authentic assessment can be carried out as a form of evaluation. After the establishment of KKM and provide remedial competence, if the class is still half more undervalued then the teacher must repeat mastery learning.

 

Keywords: Learning Strategy of Economic, Scientific, Curriculum 2013


References


REFERENSI

Muslimah, A, S. 2015. Analisis kesulitan guru SMA dalam pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 MGMP di Kabupaten Sleman, Tersedia online: http://eprints.uny.ac.id/21490/1/SKRIPSI%20ANNA%20SM%20_11404244018_.pdf (7 April 2017 jam 9)

Kusumastuti, A. dkk. 2013. Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta, Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 2, No. 1, hlm. 118-133, Tersedia online: file:///F:/OK%20aku/7876-16547-1-SM.pdf, (7 April 2017 jam 9)

Brooke, S. L. 2006. Using the Case Method to Teach Online Classes: Promoting Socratic Dialogue and Critical Thinking Skills. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 18, (2), 142-149. Avaliable: http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE58.pdf (17 Mei 2012)

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Ranoptri, D. 2016. Inilah Hasil Revisi Baru Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran, Penilaian Dan Kriteria Ketuntasan, http://www.kurikulum2013.net/2016/02/inilah-hasil-revisi-baru-kurikulum-2013.html, (10 April 2017 jam 14)

Gunawan. 2009. Mengelola ruang kelas, tata letak meja dan bangku dalam proses belajar di kelas, http://www.blog-guru.web.id/2009/02/mengelola-ruang-kelas.html, (10 April 2017 jam 14)

Ibrahim, M., dan Nur, M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press.

Kemdikbud. 2013. Wacana Model UN Tahun 2014, http://ujiannasional.org/wp content/uploads/2013/10/gambar-un-pasca-konvensi3.jpg (8 april 2017 Jam 10)

Kemdikbud. 2016. Model pembelajaran dalam kurikulum 2013, Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Maisyaroh dkk. 2014. Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran, jurnal manajemen pendidikan volume 24, NOMOR 3, MARET 2014: 213-220, http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-337-44.pdf,

Mennin, S. et al.(2003). Position Paper on Problem-Based Learning. In Education for Health (Online), Vol. 16 (1), Page 98 – 113. Avaliable: http://www.educationforhealth.net/EfHArticleArchive/13576283_v16n1s17_713665182.pdf (17 Mei 2012)

Kasim, M. 2014. Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013, Kemdikbud Jakarta, 14 Januari 2014, https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf,

Putri, N.E. 2013, Faktor faktor kesulitan Guru dalam pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi), http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/4488/Noerma%20Elya%20Putri%20-%20080210391034_1.pdf?sequence=1 (8 april 2017 Jam 10)

Adika, N. 2010. Faktor faktor penyebab kesulitan mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Teluk Kuantan, http://digilib.uir.ac.id/dmdocuments/pea,nur%20adika.pdf (8 april 2017 Jam 10)

Peraturan Menteri Pendidikann dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013, Tentang implementasi kurikulum, http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013 ImplementasiK13Lengkap.pdf (8 april 2017 Jam 10)

Ramsay, J. and Sorrell, E. 2006. Problem-Based Learning: A Novel Approach to Teaching Safety, Health and Environmental Courses. In Journal of SH&EResearch (Online), Vol. 3, ( 2), Page 8. Avaliable: http://www.asse.org/academicsjournal/archive/vol3no2/06summer_ramsay.pdf (17 Mei 2012)

Cyntia, R. 2012. strategi pembelajaran http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197611152001122-RICHE_CYNTHIA_JOHAN/STRATEGI_PEMBELAJARAN.pdf (8 april 2017 Jam 10)

Rohmawati. 2013. Kurikulum 2013, 87 Persen Guru Kesulitan Cara Penilaian, HTTP://UNNES.AC.ID/BERITA/87-PERSEN-GURU-KESULITAN-SOAL-PENILAIAN-KURIKULUM-2013/ (8 april 2017 Jam 10)

Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: UPI-PT.Remaja Rosdaakarya.

Sund, R.B. & Trowbridge, L.W. 1973. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company

Suparno, 2016. Pengembangan model multimedia pembelajaran e-book berbasis flash untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan demand, supply and equilibrium, Penelitian Fakultas Ekonomi UNJ 2016, tidak dipublikasikan

Suparno, Revitalisasi pembelajaran ekonomi di SMA berbasis konstruktivisme, Makalah dalam seminar nasional Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016

Watson,G. 2002. Using Technology to Promote Success in PBL Courses. A Publication of Michigan Virtual University (Online), Page 5. Tersedia: http://ts.mivu.org/default.asp?show=article&id=969. (17 Mei 2012)

Wurinanda, I. 2015. Rata-Rata Nilai UKG di Bawah Standar, http://news.okezone.com/read/2015/12/30/65/1277618/rata-rata-nilai-ukg-di-bawah-standar (17 Mei 2012)

Yubali, A. 2013. Penilaian autentic dalam kurikulum 2013, Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013, file:///F:/OK%20aku/642-penilaian-autentik-dalam-kurikulum-2013,-1403191558.pdf (8 april 2017 Jam 10)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.