candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN ROLE-PLAYING PADA KOMPETENSI MEYUSUN LAPORAN KEUANGAN DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK

Maraden Junias Arnoldus - -, Andri Paulus Loe - -

Abstract


ABSTRAK

Perubahan paradigma pendidikan memberikan dampak dalam proses pembelajaran di mana pembelajaran yang ada saat ini lebih menekankan kepada keaktifan peserta didik. Model pembelajaran kooperatif dipandang lebih cocok diterapkan dalam proses belajar untuk mengaktifkan siswa secara kelompok namun tetap memperhatikan kemampuan setiap individu. Artikel ini merupakan suatu gagasan yang membahas 2 model pembelajaran kooperatif yaitu Jigsaw dan Role- Playing. Kedua model ini diharapkan dapat diterapkan pada kompetensi menyusun laporan keuangan dalam mata pelajaran akuntansi. Akuntansi merupakan mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan kognitif dan keterampilan. Metode yang digunakan dalam mengkaji masalah adalah studi literatur. Berdasarkan hasil studi literatur yang dilakukan, ditemukan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw lebih menekankan kepada pemahaman yang mendalam akan materi dengan dibentuknya kelompok ahli. Dari hasil pembahasan dengan kelompok ahli, peserta didik dapat menyampikan kepada teman yang berada pada kelompok inti.. Sedangkan Role-Playing dapat memberikan dampak yang baik terhadap keterampilan dikarenakan model ini mengondisikan peserta didik mirip dengan situasi aslinya. Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran Jigsaw dan Role-Playing dapat diterapkan dalam mata pelajaran Akuntansi khususnya pada Kompetensi Menyusun Laporan Keuangan.

 

Kata kunci: Kooperatif, Jigsaw, Role-Playing, Akuntansi

 

ABSTRACT

Education paradigm change impacts in the learning process in which the existing learning more emphasis on active learners. Cooperative learning model is deemed more appropriate in the process of learning to enable students in the group but still pay attention to the ability of each individual. This article is an idea that addresses two cooperative learning models that is Jigsaw and Role- Playing. Both models are expected to be applied in preparing the financial statements of competence in accounting subjects. Accounting is a subject that requires cognitive abilities and skills. The method used in assessing the problem is the study of literature. Based on the results of the literature study, it was found that more emphasis Jigsaw Learning Model to a deeper understanding of the material by the formation of an expert group. From the discussion with a group of experts, learners can forthwith to friends who are in the core group. While Role-Playing can give a good impact on skills because these model are conditioning learners with situations similar to the original. Based on this model of learning and Role-Playing Jigsaw can be applied in a particular subject on Competence Accounting Preparing Financial Statements.

 

Keywords: Cooperative, Jigsaw, Role-Playing, Accounting


References


Adams, F. H. 2013. Using Jigsaw Technique As An Effective Way of Promoting Co-Operative Learning Among Primary Six Pupils In Fijai. International Journal of Education and Practice. 1. 64-74

Ardiyanto, A., Santosa, S., & Sudiyanto. 2013. Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Di Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. JUPE UNS. 1-11

Arend, R. I. 1998. Learning to Teach 4th Edition. Singapore: The McGraw-Hill Book

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. 2012. Collaborative Learning Tecniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Terj. N. Yusron. Bandung: Nusa Media

Bettencourt, A. (1989). Wat is Constructivism and Why Are They All Talking About about It? Michigan State University

Chu, S.Y. 2014. Application of the Jigsaw Cooperative Learning Method in Economics Course. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). 2. 166-172

Darsono & Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: CV. ANDI SOFFET

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, M. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jolliffe, W. 2007. Cooperative Learning in The Classroom. Puting It Into Practice. London:SAGE

Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. Sen Clemante: Kagan Publishing

Kartikahadi, H., Sinaga, R. U., Syamsul, M., & Siregar, S. V. 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat

Lauber, L. 2014. Permainan Peran: Prinsip-prinsip untuk Meningkatkan Efektivitas. Dalam M. Silberman (Ed). Handbook Experimental Learning: Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Terj. M. Khorin. Bandung: Nusa Media

Maden, S. 2011. Effect of Jigsaw I Technique on Achievement in Written Expression Skill. Educational Science: Theory & Practice. 11. 911-917

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. 2016. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurna Pena Ilmiah. 1. 611-620

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Massachusetts: A Simon & Scuster Company

Uno, H. B. & Mohamad, N. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.