candi borobudur kerajaan di indonesia

KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI TINGKAT KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN KARIR PADA PT. DANLIRIS SUKOHARJO TAHUN 2015

Julian Pascalia Kusumawardani - -

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh tingkat kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan, 2) pengaruh peluang pengembangan karir terhadap kinerja karyawan, 3) pengaruh tingkat kesejahteraan karyawan dan peluang pengmbangan karir terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilaksanakan di PT. DANLIRIS Sukoharjo pada bulan Juni dengan populasi 360. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba (try out) instrumen. Instrumen diuji cobakan kepada karyawan yang berada pada populasi diluar sampel. Sampel diambil berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael dengan taraf kepercayaan 95% yaitu sejumlah 177 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) tingkat kesejahteraan karyawan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,825 > 1,984 dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 67,2443% dan sumbangan efektif 38,531%, 2) peluang pengembangan karir berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,267 > 1,984 dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 32,783% dan sumbangan efektif 18,785%, 3) tingkat kesejahteraan karyawan dan peluang pengembangan karir berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini terbukti dengan Fhitung = 116,593 > Ftabel = 3,00 dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,573 berarti pngaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 57,3% sedangkan sisanya sebesar 42,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: tingkat kesejahteraan karyawan, peluang pengembangan karir, kinerja karyawan

 

ABSTRACT

Purpose – The purpose of this paper are to find out : 1) the influence of employee prosperity level toward employee’s performance, 2) the influence of carrier development opportunity toward employee’s performance, 3) the influence of employee’s prosperity level and the opportunity of carrier development toward the employee’s performance.

Design/methodology/approach – The authors use associative research with quantitative approach by using questionnaire.

Findings – the research was done at PT. Danliris Sukoharjo in June that had 360 populations. Before the instrument was used, there were try out instrument first. The instrument was trial to outing sample population of the employee. The sample took based on Isaac and Michael table 95% of credibility degree, there were 177 respondents using simple random sampling. Before hypothesized, there were analytical prerequisite test first.

Research limitations/implications – The limitation of this paper are: 1) the employee’s prosperity level had positive influent to employee’s performance. There was based on twin linear regression analyze got count > table, there are 7.825 > 1.984 and signification value < 0.05 there is 0.000 with relative contribution in the amount of 67.2443% and effective contribution 38.531%, 2) the opportunity of carrier development  had positive influent to employee’s performance. That was based on twin linear regression analyze got count>table, there are 7.825 > 1.984 and significance amount <0.05 there is relative contribution 32.783% and effective contribution 18.785%, 3) the prosperity and the opportunity of carrier development had positive employee’s performance. There was based on count = 116.593 > table = 3.00 and signification amount < 0.05 there is 0.000. Determination coefficient test result (R2) is 0.573 that mean the influence that given by quality variable combination service and facility toward consumer satisfaction is 57.3% meanwhile the balance is 42.7% influenced by another unexamination variable.

 

Keywords – the employee’s prosperity level, the opportunity of carrier development, the employee’s performance.


References


Cristiana, Hilda. 2005. Pengaruh Aspek Tanggung Jawab, Status Jabatan,

Wewenang, dan Kompensasi Dalam Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Etnis Jawa dan Etnis Cina (Studi Kasus pada Perusahaan Distribusi Rokok Djarum PT. Lokaniaga Adipermata). Skripsi thesis, Universitas Diponegoro.

Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Sukirman , Ayu Mega Yessica. 2011. Analisis Pengaruh Tingkat Kesejahteraan

Karyawan Terahadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Rumah Sakit Jiwa Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sebelas Maret.

Manngkuprawira. 2003. Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.