candi borobudur kerajaan di indonesia

MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA

Irmawati - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

Sekolah adalah tempat melaksanakan aktifitas besar yang di dalamnya terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan yaitu staf tata usaha, staf teknis pendidikan yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru, Komite sekolah sebagai badan independen yang membantu terlaksananya operasional pendidikan, dan siswa sebagai peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan studi pustaka. Tujuan penelitian ini antara lain mengetahui perencanaan keuangan sekolah, mengetahui sumber dana sekolah dan bagaimana pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan di SMA Negeri 2 Surakarta. Hasil penelitian ini antara lain SMA Negeri 2 Surakarta telah melaksanakan perencanaan keuangan melalui RKAS yang di buat setiap satu tahun sekali didasarkan pada tujuan sekolah yang hendak dicapai dan program-program kerja rutin maupun program kerja insidental. Sumber dana sekolah berasal dari pemerintah, orang tua peserta didik, digunakan untuk membiayai delapan Standar Pendidikan Nasional. Laporan pertanggungjawaban disampaikan kepada kepala sekolah dan pemerintah orang tua peserta didik.

Kata kunci: Sekolah, Manajemen keuangan

 

 

                                                                              ABSTRACT        

 

School  is carrying out major activities in which there are components interrelated administrative staff, technical staff education consisted of principal and teachers, school committee as an independent body that helps the operational implementation of education, and students as learners. This type of research is a kind of research using literature. The purpose of this study include financial planning school know, find out the source of school funding and how accountability and financial control in SMA Negeri 2 Surakarta. The results of this study include SMA Negeri 2 Surakarta has implemented financial planning through RKAS are made annually based on a school's objectives to be achieved and the work programs for routine and incidental work program. Source of funding comes from government schools, parents of students, used to finance eight National Education Standards. Accountability reports submitted to the heads of government schools and parents of students.

Keywords : school, financial management

 


References


Davies, B., Ellison, L. 1998. “Futures and strategic perspective in school planning” International Journal of Educational Management. 12 (3), 133-140

http://abahtika.blogspot.com/2010/12/administrasi-keuangan-sekolah.html diakses pada hari selasa tanggal 13 Desember jam 17.00

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/18/konsep-dasar-manajemen-keuangan-sekolah/html diakses pada hari selasa tanggal 13 Desember 17.00

Koross, P. K., Waithanji, M., Sang, A. K. 2009. “Principals and students perceptions on parental contribution to financial management in secondary schools in Kenya”, Quality Assurance in Education. 17 (1), 61-78

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Tamita Utama

Widjanarko, M. dan Sahertian, P.A. 1996/1997. Manajemen Keuangan Sekolah. Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan bagi Kepala SMU se- Indonesia di Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.