candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

Henny Sri Astuty - -, Arif Unwanullah - -

Abstract


ABSTRAK (ABSTRAC):

Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan terus mengalami perubahan untuk mengantarkan masa depan sumber daya manusia sebagai generasi penerus bangsa. Demikian pula dalam pembelajaran ekonomi, tingginya harga beberapa kebutuhan pokok dan tingginya sifat konsumtif pada masyarakat mengharuskan pembelajar berusaha untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajarannya. Alternative yang dapat digunakan adalah melakukan proses pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai sebuah pendekatan. Melalui pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan baik disekitar institusi pendidikan maupun di lingkungan masyarakat diharapkan proses pembelajaran dapat mempermudah transformasi ilmu atau materi pembelajaran pada peserta didik, memperkenalkan sejak awal arti pentingnya  sumber daya alam dan lingkungan pada kehidupan manusia, terciptanya lahan hijau, mengurangi pengeluaran, dan jika diperlukan dapat meningkatkan pendapatan.

Learning activities are a continuous process and continue to change to deliver the future of human resources as the next generation of the nation. Similarly, in economic learning, the high price of some basic needs and high consumer nature in the community requires that learners try to make changes in the learning process. Alternative that can be used is to do the learning process by utilizing natural resources and environment as a medium of learning as well as an approach. Through the utilization of natural resources and the environment both around educational institutions and in the community environment is expected to facilitate the learning process transformation of science or learning materials on learners, introducing from the beginning the importance of natural resources and the environment in human life, the creation of green land, reduce expenditure, And if necessary can increase revenue

 

 

Kata Kunci (Key word):

 

Pembelajaran (learning), ekonomi (economic), sumber daya alam dan lingkungan  (natural resources and environment )


References


REFERENSI

Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.

Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung:PT.RemajaRosdakarya.

Konsep ekonomi hijau.http://keuanganlsm.com/konsep-ekonomi-hijau/, diunduh tanggal 10 Oktober 2016 pk 20.00 wib

Kawulusan.http://boviekawulusan. blogspot.co.id/2016/01/analisis-manfaat-dan-biaya-cost-and.html, diakses tanggal 9 November 2016 pk 21.00 wib

Mahbubah,Ainul.http://banjirembun.blogspot.co.id/ 2013/06/faktor- pendukung-dan-penghambat.html,diakses tanggal 3 Mei 2016 pk. 20.00 wib)

Nurhayati,Savira Siti Ina.http://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/article/18642/16/article.pdf, diunduh tanggal 5 September 2016 pk 20.00 wib

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Rukmana, Yayan. 2009. Faktor-Faktor Penghambat Program Inovasi. http://yayanrukmana.blogspot.com/2009/05/faktor-faktor-penghamba-program.html, diunduh tanggal 3 Mei 2016 pk 20.00 wib

Sanjaya.Wina.2011.Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media

Yohana.http://ilmudanmateriekonomi.blogspot.co.id, diunduh tgl 3 Oktober 2016 pk 22.00 wib


Refbacks

  • There are currently no refbacks.