candi borobudur kerajaan di indonesia

PERAN GURU AKUNTANSI DAN BPR SYARI’AH DANA MULIA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA LITERASI KEUANGAN BERBASIS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Indrastuti Ristiyani - -

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan : 1) mendiskripsikan dan menjelaskan peran guru akuntansi dan BPR Syari’ah Dana Mulia untuk menumbuhkembangkan budaya literasi keuangan berbasis pembelajaran, 2) mendiskripsikan dan menjelaskan strategi menumbuhkembangkan budaya literasi keuangan berbasis pembelajaran . Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi . Setelah data terkumpul dianaliss dengan teknik interaktif dan disimpulkan dengan tenik deduktif. Hasil dan pembahasan diperoleh bahwa: (1) guru dan BPR Syari’ah Dana Mulia memiliki peran penting untuk menumbuhkembangkan budaya literasi keuangan berbasis pembelajaran, baik di kelas maupun luar kelas, (2) strategi menumbuhkembangkan budaya literasi berbasis pembelajaran dapat dilakukan melalui, (a) mengajak praktik langsung untuk melatih ketrampilan akuntansi dalam pembuatan laporan keuangan pada unit produksi bank mini sekolah, (b) mengajak berlatih mendiskusikan hasil pekerjaan praktik dengan teman yang lain, (c) melatih keterampilan pembuatan laporan keuangan , (d) mengajak para siswa untuk praktik menyusun laporan keuangan,  (e) mengajak para siswa untuk saling memberikan koreksi dan komentar terhadap pekerjaan yang dihasilkan (f) magang di tempat dunia industri sesuai dengan keahliannya, (g) mengikuti lomba kompetensi akuntansi yang diadakan di sekolah maupun tingkat kota, (h) memiliki tabungan simpel  BPR Syariah Dana Mulia, (i) pemberdayaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan informasi yang mendukung peningkatan kompetensi hardskill dan softskill. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dan BPR Syari’ah dana mulia memiliki peran penting untuk menumbuhkembangkan budaya literasi keuangan berbasis pembelajaran.

 

Kata kunci: Guru, Literasi Keuangan, Pembelajaran

 

ABTRACT

 

This study aims to: 1) describe and explain the role of accounting teachers and BPR Syari’ah Dana Mulia to foster financial literacy-based culture of learning, 2) describe and explain the strategy to develop the culture of financial literacy-based learning. Data were collected by interview and observation. Once the data is collected dianaliss with interactive techniques and concluded with tenik deductive. Results and discussion showed that: (1) teacher and BPR Syari’ah Dana Mulia has an important role to foster financial literacy-based culture of learning, both in class and outside of class, (2) develop a strategy based literacy learning culture can be done through, (a ) invites direct practice to practice accounting skills in making financial reports on the  production units of banks mini-school, (b) invites practicing discuss the results of the practical work with another friend, (c) practice the skills of financial reporting, (d) invite the students to practice preparing financial statements, (e) invite the students to give each other corrections and comments on the work produced (f) apprenticeship in the industry according to their expertise, (g) the race competencies of accounting, held at the school or city level, (h) has a simple savings BPR Syari’ah Dana Mulia, (i) empowerment of the library as a resource center learning and information that support increased hardskill and soft skill competencies. It can be concluded that teachers and BPR Syari’ah Dana Mulia have an important role to foster financial literacy-based culture of learning.

 

Keywords: Teachers, Financial Literacy, Learning


References


Azizah , Abu Hasan, Moona , and Sabri .(2013). Financial Literacy: A Study Among The University Students . Vol 5. No 2.

Felicia Claresta Harli, et. al.(2015) Pengaruh Finacial Literacy dan Faktor Sosiodemografi terhadap Perilaku Konsumtif, Jurnal FINESTA .Vol. 3.No. 1.

Lusardi, Annamaria, Olivia S. Mitchell, and Vilsa Curto. (2010). Financial Literacy Among the Young , Journal of Consumer Affairs. 44(2), pp 358-380.

Mandell , Lewis and Schmid, Linda (2009). The Impact of Financial Literacy Education on Subsequent Financial Behavior. Volume 20. Issue 1 .

Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Laporan Rencana dan Pelaksanaan Edukasi PUJK 2014 serta Laporan Rencana Edukasi PUJK 2015. Jakarta

Sagita Enggar Triardiyani dan Retno Mustika Dewi (2014), Pengaruh Finacial Literacy dan Kelompok Teman sebaya terhadap perilaku Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Surabaya.https://www.scribd.com/doc/237639918/pengaruh-financialliteracy-dan-kelompok-teman-sebaya-terhadap-perilaku-menabungsiswa-kelas-xi-ips-sma-negeri-2-surabaya. Diakses 3 april 2017.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, dan Nana, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Susanti. (2013) . Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap literasi keungan dan perilaku keuangan siswa SMA Negeri di Surabaya , http://library.um.ac.id. Diakses 3 apil 2017

Vincentius Andrew dan Nanik Linawati, (2014) Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya, Jurnal FINESTA, Vol. 02, No. 02


Refbacks

  • There are currently no refbacks.