candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DI KABUPATEN BIMA

Hartoyo - -

Abstract


Abstrak
Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual merupakan suatu standar pemerintahan yang mencatat dan mengakui transaksi pada saat terjadinya transaksi, tanpa memperhatikan kas dan setara kas diterima atau dibayarkan. Penerapan SAP berbasis akrual dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, maka diperlukan kesiapan infrastruktur pendukung pada pemerintah. Pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah Kabupaten Bima belum menerapkan akuntansi berbasis akrual secara penuh, namun sudah menerapkan akuntansi berbasis kas menuju akrual. Di tahun 2015, pemerintah Kabupaten Bima dituntut menerapkan secara penuh akuntansi berbasis akrual pada laporan keuangan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sesuai amanat PP No. 71 tahun 2010. Dengan adanya peraturan tersebut, maka tujuan penelitian ini dimaksukan untuk mengetahui; 1) bagaimana kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintah Kabupaten Bima dalam menerapkan SAP berbasis akrual, 2) bagaimana kesiapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pemerintah Kabupaten Bima dalam menerapkan SAP berbasis akrual, dan bagaimana komitmen organisasi dalam menerapkan SAP berbasis akrual.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menekankan pada pendekatan interpretif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, antara lain; 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, dan 4) Pengambilan Keputusan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) kesiapan dari SDM pemerintah Kabupaten Bima belum siap karena masih dalam tahap pembelajaran untuk memahami penerapan SAP berbasis akrual, 2) kesiapan dari SIA menunjukan bahwa sudah ada sistem khusus yang bernama Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang digunakan dalam pelaporan keuangan pada pemerintah Kabupaten Bima, dan 3) komitmen organisasi sangat mendukung penerapan basis akrual.
Kata Kunci : Kesiapan, basis akrual, infrastruktur pendukung.


References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2014. “Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah”. Tersedia pada www.gianyarkab.go.id (diakses tanggal 1 Oktober 2014).

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta:

Erlangga.

Cushing, Barry E dan Ruchyat Kosasih. 1989. Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan. Edisi Ketiga.

Jakarta: Erlangga.

Faradillah, Handi. 2013. “Analisis kesiapan pemerintah daerah dalam menerapkan standar akuntansi pemerintahan (peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010)”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin Makasar.

Halim, Abdul dan M.S. Kusufi. 2012. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah Edisi 4. Jakarta:

Salemba Empat.

Herlina, Hetti. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Pemerintah Daerah dalam

Implementasi PP 71 Tahun 2010 (Studi Empiris pada Kabupaten Nias Selatan)”. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Kurniawan, M. Rizki Nur. 2011. “Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Publik”. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Diponegoro Semarang.

Kusnadi, dkk. 1999. Akuntansi Pemerintahan (Publik). Bandung:

Universitas Brawijaya Malang.

Luthans. 2002. Organizational Behavior.

Edisi Ke-9. New York : McGraw-Hill.

Mangoloi, Rafliska Septarina. 2013.

“Analisis Kesiapan

PenerapanAkuntansi Berbasis Akrual pada Biro Keuangan (Kementerian Kelautan dan Perikanan)”. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik.

Yogyakarta: ANDI.

Mulyana, Budi. 2009. “Penggunaan Akuntansi Akrual di Negara-negara Lain: Trendi Negara-negara Anggota

OECD”. Tersedia pada

http://sutaryofe.staff.uns.ac.id/files/201 1/10/akuntansberbasisakrual.pdf (diakses tanggal 9 Mei 2014).

Putri. (2012). “Pengaruh Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi,

Pengendalian Intern terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan pada Pemda Kab. Bengkalis”.

Skripsi (tidak diterbitkan).

Univeristas Sriwijaya, Bengkalis.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

-------. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.