candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODUL EDUKASI LITERASI KEUANGAN ISLAM DAN PRODUK HALAL DENGAN “ADDIE”

Ikka Nur Wahyuny - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

Tingkat kepatuhan ketentuan edukasi dan perlindungan konsumen lembaga keuangan masih rendah. Kegiatan edukasi yang telah dilaksanakan masih terdapat kerancuan antara kegiatan edukasi dengan marketing sehingga tujuan dari financial education kerap tidak tercapai (OJK dalam Wahyuny, 2015:01). Jika dibandingkan dengan negara lain, financial education di Indonesia masih sangatlah rendah, baik dari sektor pendidikan formal maupun informal. Diperlukan adanya edukasi bagi UMKM di bidang pengelolaan keuangan dan juga produk halal agar pangsa pasar halal di Indonesia dapat dikuasai oleh pengusaha Indonesia. Ketiadaan modul sebagai sarana pembelajaran dapat dikembangkan dengan model ADDIE. Gagasan ini dikembangkan karena model ADDIE merupakan model yang mudah diterapkan dimana proses yang digunakan bersifat sistematis dengan kerangka kerja yang jelas menghasilkan produk yang efektif, kreatif, dan efisien (Learning, 2008: 5). model ADDIE merupakan salah satu model desain sistem pembelajaran yang memperlihatkan tahapan-tahapan dasar sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah di pelajari, terdiri dari 5 fase yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi).

 

kata kunci: modul, edukasi umkm, literasi keuangan islam, literasi produk halal, ADDIE

 


References


Antara, P. M., Musa, R., & Hassan, F. (2016). Bridging Islamic financial literacy and Halal literacy: The Way Forward in Halal Ecosystem. Procedia Economics and Finance, 37, 196-202.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial services review, 7(2), 107-128.

Chen, H., & Volpe, R. P. (2005). Financial literacy, education, and services in the workplace. A Journal of Applied Topics in Business and Economics,(online),(Accessed: 2 Feb 2006) http://www. westga. edu/~ bquest/2005/workplace. pdf.

Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Penerbit Gama Media.

Depdiknas, P. B. (2008). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Evans, A D and CJ Green & V Murinde. 2002. Human Capital and Financial Development in Economic Growth: New Evidence Using the Translog Production Function, International Journal of Financial Economics,7, 123-140, 2002.

Giddens, Anthony. 2003. Jalan Ketiga dan Kritik-kritiknya. Edisi terjemahan, dari buku “The Third Way and Its Critiques”, diterbitkan oleh Polity Press, Cambridge, 2000.

Glaser, M., & Weber, M. (2007). Why inexperienced investors do not learn: They do not know their past portfolio performance. Finance Research Letters, 4(4), 203-216.

Hung, A., Parker, A. M., & Yoong, J. (2009). Defining and measuring financial literacy.

Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs,44(2), 296-316.

Huston, Sandra J. (2010). Measuring financial literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-316. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.pdf, diakses pada tanggal 18 Oktober 2015.

INFE, O. (2012). Supplementary Questions: Optional Survey Questions for the OECD INFE Financial literacy Core Questionnaire. Retrieved March, 10, 2015.

Jappelli, Tullio. 2010. Financial literacy An International Comparison. Network for Studies on Pensions, Aging, and Retirement Discussion Paper 09/2010/064.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: an overview. Journal of Pension Economics and Finance, 10(04), 497-508.

Mohd Yusoff, H. (2004). Halal certification scheme. Standard & Quality News, 11, 4-5.

Mulyono, S. E. (2015). MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN LITERASI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN USAHA MANDIRI MELALUI PKBM DI KOTA SEMARANG. Journal of Nonformal Education, 1(1).

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Prees Group)

OECD. 2014. PISA 2012 Results: Students and Money, Financial Literacy Skills for the 21st CENTURY (Volume VI). OECD.

Otoritas Jasa Keuangan. (2013). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta

Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Laporan Rencana dan Pelaksanaan Edukasi PUJK 2014 serta Laporan Rencana Edukasi PUJK 2015. Jakarta

Reuters, T., & Standard, D. (2014). State of the global Islamic economy 2014-2015 report. May, available at: http://halalfocus. net/wp-content/uploads/2015/01/SGIE-Report-2014. pdf.

SAIDAH, S. A., & Handajani, S. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS LIFE SKILL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH V CUKIR JOMBANG. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3).

Singhal, A., Cody, M. J., Rogers, E. M., & Sabido, M. (Eds.). (2003).Entertainment-education and social change: History, research, and practice. Routledge.

Smaldino, J. J., & Flexer, C. (2012). Handbook of acoustic accessibility: Best practices for listening, learning, and literacy in the classroom. Thieme.

Soetrisno, N. (2015). Posisi dan Peran Pembangunan UKM 2004-2009.INFOKOP, 12(25).

Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Penggunaan Media Pengajaran dalam PBM.Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, D. R. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunarsih, S., Rahmawati, R., & Qomaruzzaman, B. (2013). PENGEMBANGAN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN BERBASIS SYARIAH UNTUK MENCIPTAKAN PENGUSAHA DARI LINGKUNGAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN JEMBER. JURNAL RELASI STIE MANDALA JEMBER, 18.

Tan Beng Wah. 2011. Of Value Proposition & Financial Literacy, The 4E journal, vol.11 No.2, 2Q Certified Financial Planner® (CEP) Penerjemah: Imam Khoiri. Yogyakarta: IRCiSoD.

Wahyuny, I. N. (2015, November). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN FINANCIAL LITERACY BERBASIS NILAI-NILAI ANTI KORUPSI SEBAGAI INVESTASI SOSIAL: SEBUAH PEMIKIRAN. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Xiao, J. J., Ahn, S. Y., Serido, J., & Shim, S. (2014). Earlier financial literacy and later financial behaviour of college students. International Journal of Consumer Studies, 38(6), 593-601.

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/751473-ukm-kuliner-di-yogya-banyak-belum-kantongi-sertifikat-halal/2

http://www1.mastercard.com/content/intelligence/en/research/reports/2015/mastercard-financial-literacy-index-report-2014h1.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.