candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMK PANCASILA 1 WONOGIRI

Ananda Setiawan - -

Abstract


ABSTRAK

 

Pengelolaan pembiayaanlembaga pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.Pengelolaan yang baik menjadi syarat utama dalam kelancaran penyelenggaraan pendidikan.Berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan pendidikan yang tercantum pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Pasal 48 bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, prinsip efisiensi, prinsip transparan dan prinsip akuntabilitas Publik, namun perlu ada penekanan pada prinsip efektifitas. Tujuan utama mengelola sekolah yaitu sekolah dapat menghasilkan output yang berkualitas dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pengguna jasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui rencana pengelolaan pembiayaan dan mengetahui realiasi anggaran dalam pengelolaan keuangan di SMK Pancasila 1 Wonogiri dengan cara membandingkan fakta dilapangan dengan kajian secara teoritis dan empiris dari referensi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK Pancasila 1 Wonogori telah melakukan pengelolaan anggarandengan baik hal tersebut dapat dilihat dari pengelolaan yang akuntabel, efektif dan efisien, namun hal yang perlu ditingkatkan adalah transparansi kepada stake holder .

 

Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Pengelolaan Keuangan

 

                                                                             ABSTRACK                 

 

Financial management of educational institutions is very important part in providing education in schools. Good management of the main requirements in the smooth delivery of education. Based on the principles of financial management education contained in Act No. 20 of 2003 article 48  that education funds based on the principles of equity, principles of efficiency,principles of transparency andprinciples of public accountability, but there needs to be an emphasis on the principles of effectiveness. The main purpose of the school that the school can manage to produce quality output in order to meet the needs of the community as service users. This type of research is the study of research literature to find references relevant theory to the study. The purpose of this study was to determine the financial management plan and determine the realization of the budget in the financial management in SMK Pancasila 1 Wonogiri by comparing the fact the field with theoretical and empirical study of relevant references. These results indicate that the SMK Pancasila 1 Wonogori was managing a budget is good it can be seen from the management accountable, effective and efficient, but it needs to be improved is the transparency to stakeholders.

 

Keywords: educational institution, Financial Management

 


References


REFERENSI

Argyropoulou, E. (2009). Financial Management in Greek State Schools.ISEA, 37 (2).111-124.

Arwizet.K. (2014).“Pendidikan Kejuruan dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kualitas Human Capital”.Jurnal APTEKINDO ke 7.FPTK Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN: 978-602-72004-0-1

Crouch, L & Winkler, D. (2008).Governance, Management and Financing of Education for All: Basic Frameworks and Case Studies. 2009/ED/EFA/MRT/PI/04

Finch, Curtiz R & Crunkilton, John.(1993). Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Boston.

Geressu, B. S. (2014). Management of Finance with Reference to Selected Secondary School of Oromia Region, Ethiopia.Pratibimba. Vol. 14, Iss 1, pp. 47 -52

Koross, P.K, Ngware, M. W., & Sang, A. K. (2009). Principals’ and students’ perceptions on parental contribution to financial management in secondary schools in Kenya.Quality Assurance in Education. Vol. 17 Iss 1 pp. 61 – 78

Mardiasmo.(2003). Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Park, J.C., Chung, M.H. and Rhee, E.K. (2011). “Field survey on the indoor environment of elementary schools for planning of environment friendly school facilities”, Journal of Asian Architecture and Building Engineering , Vol. 10 No. 2, pp. 461-468.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Suryana, D. (2008). Manajemen Keuangan Sekolah. Jakarta: Erlangga.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003

Undang-undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1998

Wong, E.O.W (2003). Leadership Style For School-Based Management in Hong Kong. International Journal of Educational Management, 17 (6).243-247.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.