candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN MEDIA PREZI PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Ichsan Arba’i - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar afektif dan kognitif siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMK Warga Surakarta melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Media Prezi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau action classroom research.Objek penelitian yaitu siswa kelas XIF Teknik Otomotif SMK Warga Surakarta yang berjumlah 31.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Prezi meningkatkan hasil belajar afektif siswa untuk disiplin, tanggung jawab, saling menghargai, rasa ingin tahu, dan percaya diri dalam pembelajaran. Dari segi hasil belajar kognitif inovasi model dan media pembelajaran tersebut mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, mengembangkan keterampilan bepikir kritis dalam memecahkan masalah serta meningkatkan hasil ulangan siswa, sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal. Hasil belajar afektif siswa berdasarkan observasi penelitian mengalami peningkatan setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Prezi dengan persentase rata-rata pra tindakan sebesar 63%, dan setelah tindakan sebesar 92%. Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan pretest dan posttest penelitian juga mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata pra tindakan sebesar 43,39% dan setelah tindakan sebesar 97 %. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar afektif dan kognitif siswa pretest (sebelum tindakan) dan postest (setelah tindakan).

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Afektif, Kognitif, Pembelajaran Kooperatif, Prezi, Think Pair Share

 

ABSTRACT

 

The objective of this research is to investigate and analyse the improvement of affective and cognitive learning outcomes of the students through the implementation of cooperative learning of Think Pair Share with Prezi Media on the Craft and Entrepreneurship subject matter of the Students Grade XIF of technical automotive in SMK Warga Surakarta.

This research used the classroom action research with the descriptive qualitative and quantitative method (mixed method). The object of the research was the students Grade XIF technical automotive. The total of them were 31 students. The data of research were collected through observation, interviews, documentations, and test.

The results showed that the implementation of cooperative learning model Think Pair Share with Prezi improve affective learning outcomes of the students in discipline, responsibility, mutual respect, curiosity and confidence to learn. In terms of cognitive learning outcomes innovation model and learning media are able to create an effective and enjoyable learning, develop critical thinking skills in problem solving and improving learners' test results, so that the study of students become optimal. Affective learning outcomes of learners based on observations of the study increased after the implementation of cooperative learning model Think Pair Share with Prezi with an average percentage of 63% pre-action, and after the action of 92%. Cognitive learning outcomes of learners based on the pretest and post-test study increased in the average percentage of pre-action amounted to 43.39% and after the action of 97%. The results based on statistical calculations showed that there is a significant difference between average value of affective and cognitive learning outcomes of learners pretest (prior action) and posttest (after action).

 

Keywords: Affective Aspects, Cognitive Aspects, Cooperative Learning, Learning Outcomes, Prezi, Think Pair Share


References


Anni, C. T. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Artianningsih, Witurachmi, S., dan Sumaryati, S. 2013. Penerapan Mind Mapping dengan Media Prezi untuk Meningkatkan Prestasi dan Partisipasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS. Vol. 2 No. 1. Hal 39-48.

Elliot, S. N., Kratochwill, T.R., Cook, J.L., & Travers, J.F. 2000. Educational Psychology: Effective Learning. 3 rd. Boston: McGraw Hill.

Hollingsworth, P., dan Gina, L. 2008. Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Iyer, S., Kothiyal, A., Majumdar, R., dan Murthy, S. 2013. Effect of Think Pair Share in a Large CS1 Class: 83% Sustained Engagement. ICER 13. Page 137-144

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kusuma, F. W., dan Aisyah, M. N. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X. No. 2. Hal. 43-63

Mulyasa, H. E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pao, N. C., Chi, C. C., dan Pei, F. L. 2015. Prezi versus PowerPoint: The Effects Of Varied Digital Presentation Tools On Students’ Learning Performance. Computers & Education Journal. Vol.91 (2015) 73-82

Prayoga, A. M., Santosa, S., dan Hamidi, N. 2013. Penggunanaan Media Prezi dan Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS. Vol. 1 No. 2 Hal 1-8

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suwandi, S. (2009). Model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tint, S. S., dan Nyunt, E. E. 2015. Collaborative Learning With Think Pair Share Technique. International Journal (CAIJ). Vol. 2, No. 1. Hlm. 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.