candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Farida Styaningrum - -

Abstract


 

ABSTRAK

 

                Sistem penilaian dalam kurikulum pendidikan tinggi yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Authentic assessment dapat dijadikan sebagai model penilaian alternatif dalam implementasi kurikulum KKNI. Authentic assessment tidak sekedar mengukur apa yang diketahui oleh mahasiswa, tetapi lebih menekankan pada apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa selama pembelajaran dan setelah pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh hasil tentang implementasi authentic assessment untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen di Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas PGRI Madiun, dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan pola penelitian induktif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi authentic assessment pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen terlaksana cukup baik, namun belum optimal. Tingkat ketercapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan masuk kriteria baik. Terdapat beberapa kendala yang dihadapai dalam implementasi authentic assessment yaitu (1) kurangnya alokasi waktu untuk melakukan penilaian, (2) banyaknya instrumen penilaian sehingga dosen perlu banyak waktu untuk mengolah nilai dari setiap mahasiswa, (3) jumlah mahasiswa banyak, sehingga dosen harus cermat dalam mengamati setiap aktivitas yang dilakukan mahasiswa selama proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: authentic assessment, kualitas pembelajaran


References


REFERENSI

Arif, Saiful. 2014. Penerapan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Pamekasan. Jurnal Nuansa. vol. 11. no. 2. pp. 235 – 262.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansur. 2015. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas (SMA). http://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=358:penilaian-autentik-k13&catid=42:ebuletin&Itemid=215. Diunduh pada tanggal 04 April 2016, pukul 12:30 WIB.

Miles, Matthew B, dan Huberman, A. Michael. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded

Sourcebook. California: Sage Publication.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mueller, J. 2014. Authentic assessment toolbox. North Central College, Naperville, IL. http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm. Diunduh pada tanggal 09 April 2016, pukul 14.00 WIB.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurcahyani, Indah. 2013. Pengembangan Penilaian Autentik Guna Mengukur Pengetahuan dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 6 Purworejo. Jurnal Radiasi.vol.3.no.1.pp.37-41.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Indonesia.

Suarta, I Made et al. 2015. Model Authentic Self-Assessment dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. vol. 19. no. 1. pp. 46-57.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tai, Gillian Xiao-Lian dan Yuen, May Chan. 2007. Authentic assessment strategies in problem based learning. Proceedings ascilite Singapore. pp. 983 – 993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.