candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis)

Estu Niana Syamiya - -

Abstract


ABSTRAK

 

Ide penelitian ini adalah upaya mengembangkan kualitas pendidikan dengan adanya perubahan paradigm dari teacher center menuju student center.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode pembelajaran Discovery pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and posttest) Control Group  Design. Teknik analisis data dengan statistic parametric yang meliputi uji beda rata-rata, gain score dan perhitungan effect size dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning dan metode pembelajaran Discovery.

 

Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

References


REFERENSI

Abdorarrakman Ginting (2012). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran (disiapkan untuk pendidikan profesi dan sertifikasi Guru dan Dosen).Bandung:Humaniora

Amir,M taufiq (2009). Inovasi pendidikan mealuiproblem based learning (bagaimana pendidik memperdayakan pembelajaran di era pengetahuan). Jakarta: Kencana.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin & Esa Nur Wahyuni (2010).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Ballew.H.(1967). Discovery Learning and Critical Thingking in Alegbra. Alegbra:the University of Nort Carolina Press

Budhiningsih,Asri C(2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT.Rineka Cipta

Evelin Siregar(2010). Teori Belajar dan Pemelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia

Lorin W& David (2010). Kerangka Landasan Pembelaaran dan Pengajaran dan Assesment (Revisi Taksonomi Pendidikn Blom).Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Nasution (2000). Metode research.Jakarta:Bumi Aksara.

Purbawati, Mega Nur(2011). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran denngan Teknik SQ3R terhadaap peningkaatan kemmpuan pemahaman dan berfikir kritis peserta didik SMA. Tesis UPI:Tidak Dipubikasikan

Slameto(2003). Belajar dan Faktor-fakor yang mempengaruhinya. Jakarta:Renika Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.