candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Batik Arum Madani Surakarta)

Esti Nur Wakhidah - -, Yan Ayu Permatasari - -, Diah Pramesti - -

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study is to examine the effect of price, brand image, product quality on customer loyalty with customer satisfaction as a mediating variable. The research problem of this study are: Is there any influence between price and customer satisfaction, Is there any influence between brand image with consumer satisfaction, Is there any influence between product quality to customer satisfaction, and Is there any influence between customer satisfaction and customer loyalty. This study used survey where respondents were interviewed and asked to fill out a five-point Likert scale questionnaire. The target population of the study are consumers who make purchase more than twice in Surakarta Batik Arum Madani. Sample of this study is 200 respondents, the sampling technique used was purposive sampling method. The analytical method used in this research is the analysis of SEM. After that the data analyzed by quantitative data, the analysis include: test the adequacy of the sample, Normality Test, Test Outliers, Test Goodness of fit. Based from the results of the analysis has been done, it can be concluded that the price is significant and positive impact on satisfaction, brand image is significant and positive impact on satisfaction, product quality is significant and positive impact on satisfaction, and customer satisfaction significant and positive impact on customer loyalty.

Keyword: price, brand image, quality of product, customer loyalty, customer satisfaction

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara harga, citra merek, kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Rumusan masalah yang diteliti adalah apakah terdapat pengaruh antara harga dengan kepuasan konsumen, apakah terdapat pengaruh antara citra merek dengan kepuasan konsumen, apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen, dan apakah terdapat pengaruh antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dimana responden diwawancarai dan diminta mengisi kuisioner berskala likert lima point. Target populasi penelitian  adalah konsumen yang melakukan pembelian minimal lebih dari dua kali di Batik Arum Madani Surakarta. Sampel sebesar 200 responden, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SEM. Hasil penelitian ini kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan data secara kuantitatif. Analisis yang dilakuin meliputi: Uji kecukupan sampel, Uji Normalitas, Uji Outliers, Uji Goodness of fit. Mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan, citra berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan, kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan, dan kepuasan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci: harga, citra merek, kualitas produk, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen


References


DAFTAR PUSTAKA

Aryani, Dwi., Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. 17, No. 2, Hal. 114-126.

Cooper, D.R dan Emory, C.W. (1995). Business Research Methods. US: Irwin.

Ferdinand, Agusty. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Undip

Ghozali, Imam. (2012). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi (Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3). Semarang: Badan Penerbit Univeritas Diponegoro.

Hair, et al. (1998). Multivariate Data Analysis. Fifth edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hidayat, Rachmad (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11, No. 1, Maret 2009: 59-72.

Jahanshahi., Asghar., Afshar., Gashi, M. A & Mirdamadi, S. A. (2011). Study the Effects of Costomer Service and Product Quality and Costomer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science. 1(7): 253-262.

Kambiz, Shahroudi & Naimi, Seyedeh Safoura. (2014). The Impact of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention (Case Study: Consumer of Hygiene Products). International Journal of Engineering Innovation & ResearchVolume 3, Issue 1, ISSN: 2277 – 5668

Kartajaya H., (2002). Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler & Armstrong, (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran edisi 8 jilid 1-2. Jakarta : Erlangga

Kotler, P & Amstrong G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta : Erlangga

Lamb, C.W., Jr, Hair, J.F., & McDaniel, C. (2001). Pemasaran. Edisi satu. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat

Lembang, R.D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum Kemasan Merek The Botol Sosro. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Diponegoro.

Lovelock., C., Wirtz J., & Mussry., J., (2013). Pemasaran Jasa Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mulyono, B.H., 2008. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro)

Nejad L.R., Zahra Firoozbakht & Amin Taghipoor. (2014). Service Quality, Relationship Quality and Customer Loyalty (Case Study: Banking Industry in Iran). Open Journal of Social Sciences, 2014, 2, 262-268 Published Online April 2014 in SciRes.

Nurullaili dan Andi Wijayanto. (2013). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2, No. 1.

Oliver, R.L. (1997), Satisfaction: Behavioral Perspective on the Consumer. McGraw- Hill, New York, NY.

Onyancha G. Kavengi. (2013). The Impact of Bank Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty: A Case of Kenya Commercial Bank. European Journal of Business and Management ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol.5, No.21, 2013.

Permana, M.V., 2013. Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2).

Prastiyani, Ima. Patricia D.P.,Azis F. (2016). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, Service Quality terhadap Customer Satisfaction di SPBU 44.513.20 Campurejo Boja. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016

Setiyawati, Sri & Budhi Haryanto. (2016) Why Customers Intend to Use Express Delivery Services. Case Studies in Business and Management ISSN 2333-3324 2016, Vol. 3, No. 2

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarni. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen. Journal Business of Economic, Th. 16, No. 1.

Swasta, B., & Irawan (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, F., Chandra, G., & Andiana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: C.V Andi offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.