candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HARD SKILL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN SARANA PRASARANA MELALUI KEGIATAN UNIT PRODUKSI Studikasus di SMK NEGERI 1 BOYOLALI SEMESTER I TAHUN 2016/2017

Endang Ganggowati - -

Abstract


ABSTRAK

 

Perkembanganilmupengetahuan dan teknologimembuatarus informasi sertaekonomi global berdampaksangatluasterhadaptuntutanduniakerja,semakinharisemakinbanyakkompetensi yang dibutuhkanbagicalontenagakerja. Karenaduniausahadanduniaindustrymembutuhkankeberagamankompetensipenyediaan produk yang mampumemenuhikebutuhankehidupanmasyarakat yang sifatnyamempermudahmempercepatmemberkenyamanandanefektifsertaefisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran unit produksi pada hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasaranan kelas XI. Penelitianinimengunakanpendekatankuantitatifdengan metodeanalisiskorelasibivariat yang diambildari nilai kinerja dan hasil belajar. Subjekpenelitianadalah siswa-siswikelas XI SMK Negeri 1 Boyolali JurusanAdministrasiPerkantoran sejumlah 62 siswa. Hasil analisis diketahui Signifikansi (0,000< 0,05), artinya bahwa ada hubungan secara signifikan antara Nilai kinerja siswa di Unit Produksi denganhasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasaranan. Karena koefisien korelasi nilainya positif, maka berarti kecerdasan berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Jika dilihat dari koefisien korelasi antara Kinerja dengan Nilai adalah sebesar 0,802 menunjukan korelasi yang kuat.Jadi dalam kasus ini dapat disimpulkan bahwa Nilai kinerja siswa di Unit Produksi berhubungan positif denganhasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasaranan

 

Kata Kunci:Hardskill, HasilBelajar, Peralatan Kantor

 

 

 

ABSTRAK

 

The development of science and technology makes the flow of information and very broad global economic havevery big  impact on the demands of the labor market, increasingly more competencies required for the candidates. That’s is why , the business world and the  industry require different  competencies  in  providing products that meet the needs of people's lives thatare accelerating , providing  and facilitating comfort, effectiveness  and efficiency. The purpose of this study is  to determine the role of the production unit on student learning outcomes, especially on the subjects of “Administrasi Sarana dan Prasarana” (Facilities and infrastructureAdministration) grade  XI. This study used a quantitative approach that was taken through bivariate correlation analysis which is  taken from the value of performance and learning outcomes. The subjects were 62 students of class XI SMK 1 Boyolali of AdministrativeProgram  .The results of analysis was  significant that was (0.000 <0.05), meaning that there was  a significant relationship between the students’ performance values  and the Production Unit with the students’  learning outcomes in the subjects of “Administrasi Sarana dan Prasarana”(Facilities and InfrastructureAdministration). Because the correlation coefficient is positive, it means that intelligence positively and significantly related to the result  of learning. When viewed from the coefficient of correlation between the performance and the value, it  is equal to 0.802 that indicates a strong correlation. So in this case, it  can be concluded that the value of students’ performance in the  Unit Production was positively related to students’ learning outcomes in subjects of “Administrasi Sarana dan Prasarana”( Facilities and InfrastructureAdministration)


References


REFERENSI

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi.(2006).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara

Basir, S. (2011). Soft Skill vs Hard skill. Jakarta Timur: Kantor Akuntan Publik Syarief Basir dan Rekan.

Budimansyah, D.(2002). Model Pembelajaran dan Penelitian Portopolio. Bandung: PT Genesindo

Budimansyah, dan Dasim.(2002).Model Pembelajaran dan Penelitian Portofolio. Bandung: PT. Genesindo

Endang, S.(2010).Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Hafismuaddab. http ://wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard-skill/ diakases 9 April 2017, pukul 21.00

Hamzah (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. (2013).Penilaian Autentik (penilaian Hasil Belajar Pesrta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kurikulum SMK Negeri I Boyolali (2015).

M. Arhumul Wildan, http://hafismuaddab.wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard-skill/ http://www.marketplus.co.id/2011/05/13/penerapan-soft-skill-dan-hard-skill-harus-seimbang/ PT , 1 april 2017 pukul 20.00

Mahisaajy ,Http://.web.id/blog/diakases 10 April 2017, pukul 21.00

Musfiqon. (2012).Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka Raya

Nuno. (2016). Hard Skill dan Softskill Administrasi Perkantoran, Jakarta: AD Publikasi

Rahayu, E. S. dan. Nuryana, I. M. (2011) Kewirausahaan di SMK.Jakarta: Bumi Aksara

Ratnasari, R., Taryat, Y., dan Wahyuningsih, I. S. (2013).SPM AdministrasiPerkantoran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Suyadi. (2011).Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Diva Pres

Technical Skills List - Job Searching - About.comjobsearch.about.com/od/skills/fl/technical-skills.htm, diakases tanggal 20 maret2017 pukul 01.05

Udin, S. S.(2012).Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Uno, H. B.(2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Vena, M. (2011).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widayanti, R. (2010). Pengaruh Hard skill Dan Soft skill Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Telkom Kandatel Malang). Jurnal Dinamika Dotcom, 3(1), 64-66.

Wursanto, I. (2006).Kompetensi Sekretaris Profesional. Yogyakarta: Andi Offset

www.investopedia.com/terms/h/hard-skills.aspdiakses tanggal 20 maret 2017, pukul 01.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.