candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KOLABORASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KARTIKATAMA METRO

Effy Irmawati - -

Abstract


ABTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan kolaborasi model pembelajaran PBL dengan kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(2). Mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan kolaborasi model PBL dengan kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(3). Mengetahui pengaruh penerapan kolaborasi model PBL dengan kooperatif tipe STAD. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi eksperimen. Penerapan model PBL yang dikolaborasikan dengan model kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jika dibandingkan dengan kelas XA yang hanya menggunakan model PBL dalam proses pembelajarannya, kelas XD jauh lebih baik dari segi peningkatan hasil belajar. Seperti yang diketahui dari perolehan nilai pretest dimana XA memperoleh nilai 46,3 sedangkan kelas XD memperoleh nilai 51,4 dimana kedua kelas tersebut masuk kategori hasil belajar yang kurang dan jauh dari nilai KKM (75). Namun, setelah berlangsungnya proses pembelajaran, memperoleh hasil belajar yang jauh lebih baik. Dapat diketahui dari perolehan hasil belajar kedua kelas tersebut, kelas XA memperoleh nilai 68,04 sedangkan kelas XD memperoleh nilai 80. Dari kedua perolehan hasil belajar tersebut jelas terlihat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Ekonomi, PBL, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,dan Hasil Belajar

 

This study aims to find out : (1) students' learning outcome before the collaboration of PBL teaching method and STAD cooperative learning technique being applied for 10th grade students of SMA Kartikatama Metro ;(2)  students' learning outcome after the application of the method and technique;(3) the influence of collaboration application of PBL teaching method and STAD cooperatice learning technique.  This was quantitative research with a quasi-experimental design.  Application of PBL teaching method collaborated with STAD cooperative learning technique is able to improve students' learning outcome and give significant influence towards the improvement of students' learning outcome at economics subject.  Compared to the class XA of social program that only applies PBL teaching method, class XD is better in case of learning outcome improvement.  Given that the result of pre-test, class XA and XD get 46.3 and 51.4 respectively. Those two scores are categorized into less than or far from the Minimum Mastery Criteria (KKM) by 75.  But, after the implementation of PBL teaching method and STAD cooperative learning technique, outcome learning rises.  The result of learnig outcome of those two classes shows that class XA gets 68.04 while class XD gets 80. Those two learning outcomes indicate a significant difference on students' learning outcome in economics subject.

 

Key Words: Economics Learning. PBL, STAD Cooperative Learning Technique, and Outcome Learning

References


REFERENSI

Arends.(1997). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Awang & Ramly. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Sciences. Tersedia http://web.iaincirebon.ac.id

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Silberma,L. Melvin. (2014). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono,dkk.(2013). Pembelajaran Aktif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wulansari, N.F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Generatif dalam Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2013/2014. Thesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Pontianak : STAIN Pontianak Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.