candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 GAMBUT

Muliana Sari, Susiswo Susiswo, Toto Nusantara

Abstract


Abstrak: Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi adalah berpikir kritis. Tuntutan berpikir kritis dalam dunia pendidikan tertuang dalam tujuan kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gambut materi persamaan kuadrat. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gambut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yaitu hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut. Hasil analisis data yaitu: (a) pada aspek memberikan penjelasan dasar, sebanyak 46% siswa dapat memberikan penjelasan dasar dengan baik; (b) aspek membangun keterampilan dasar, sebanyak 39% siswa dapat membangun keterampilan dasar dengan baik; (c) aspek menyimpulkan, sebanyak 14% siswa mampu menyimpulkan dengan baik; (d) aspek memberikan penjelasan lanjut, sebanyak 7% siswa dapat memberikan penjelasan lanjut. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah terutama pada indikator menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Kuadrat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.