candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI TTW DAN TPS DENGAN TALKING STICK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERISE-KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2016/2017

Doni Susanto, Mardiyana Mardiyana, Dewi Retno Sari Saputro

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masingmasing

model pembelajaran, kemandirian belajar dan interaksi antara keduanya
terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2016/2017. Sampel
diambil secara stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan instrumen
angket kemandirian belajar siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis
variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh
kesimpulan bahwa: (1) model pembelajaran Think Talk Write dengan Talking Stick
(TTW-TS) menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baik dengan model
pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick (TPS-TS), serta model
pembelajaran TTW-TS dan TPS-TS menghasilkan prestasi belajar matematika yang
lebih baik daripada pembelajaran langsung dengan Talking Stick (L-TS) pada materi
relasi dan fungsi. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai
kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemandirian
belajar sedang dan rendah. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai
kemandirian belajar sedang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai
kemandirian belajar rendah pada materi relasi dan fungsi. (3) Pada masing-masing
model pembelajaran, prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai
kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah serta siswa yang
mempunyai kemandirian belajar sedang dan rendah menghasilkan prestasi belajar
yang sama baik pada materi relasi dan fungsi. (4) Pada masing-masing kategori
kemandirian belajar tinggi dan sedang, model TTW-TS menghasilkan prestasi
belajar yang lebih baik daripada TPS-TS dan L-TS serta TPS-TS menghasilkan
prestasi belajar yang lebih baik daripada L-TS serta pada kategori kemandirian
belajar rendah, model TTW-TS dan TPS-TS menghasilkan prestasi belajar yang
sama baik dan model pembelajaran TTW-TS dan TPS-TS menghasilkan prestasi
belajar yang lebih baik L-TS pada materi relasi dan fungsi.
Kata kunci: TTW, TPS, Model Pembelajaran Langsung, Talking Stick,
Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.