candi borobudur kerajaan di indonesia

MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Syarif Hidayat

Abstract


Tujuan penulisan yaitu: (1) menjelaskan tentang pendidikan karakter, (2) menjelaskan
konsep penanaman pendidikan karakter melalui inovasi pembelajaran, (3) menjelaskan
tentang masyarakat ekonomi asean., (3) menjelaskan penanamkan nilai-nilai karakter melalui
inovasi pembelajaran berbasis karakter dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean.
Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang
terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai
cara pandang, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Orang
berkarakter berarti orang yang berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, atau berwatak.
Proses pembelajaran di Sekolah merupakan inti dari pendidikan pada semua jenjang yang
perlu ditingkatkan mutunya. Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus memperoleh
pengalamanbelajar untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran inovatif
adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih
memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self
directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif
mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut
masyarakat Indonesia mempunyai mental luar biasa, karena berhadapan dengan masyarakat
dari luar Indonesia. Salah satu upaya pembentukan masyarakat Indonesia yang bermental luar
biasa melalui jalur pendidikan. Transformasi nilai karakter yang baik yang terjadi pada
karakter individu, akan menunjang karakter bangsa yang diidamkan. Lebih penting adalah
mengimplementasikan dalam bentuk praktik nyata pada kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Karakter, Inovasi Pembelajaran, Masyarakat Ekonomi ASEAN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.