candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BUKU TEKS PENGKAJIAN TARIDRAMA SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PROGRAM STUDI PGSD DAERAH SURAKARTA

Retno Winarni, St. Y. Slamet, Endang Sri Markamah

Abstract


Tujuan umum penelitian ini untuk mengembangkaan buku teks pengkajiaan taridramaSD berbasis pendidikan karakter untuk mahasiswa Prodi PGSD Daerah Surakarta.
Penelitian ini menggunakan rancangan R & D (Research and Development) model Borg &
Gall (2003), dalam empat tahap: eksplorasi, pengembangan produk, pengujian keefektifan
produk, dan diseminasi. Penelitian ini dilaksanakan pada empat Program Studi PGSD di
Surakarta Penelitian dilaksanakan tiga kali: September-Oktober 2015 untuk studi pustaka dan
survai, November 2015-Januari 2016 untuk tahap eksplorasi, dan Februari-April 2016 untuk
pengembangan dan pengujian keefektifan produk. Penelitian ini menghasilkan beberapa
temuan: (1)tahap eksplorasi menghasilkan analisis kebutuhan untuk prototype buku teks
pengkajian tari-drama sekolah dasar; (2) tahap pengembangan menghasilkan buku teks
pendidikan tari-drama SD melalui preliminary field testing; (3) tahap pengujian keefektifan
buku teks (main field testing) hasilnya menunjukkan bahwa t-hitung = 5,427; dan manual t-hitung
= 5,397 (p=0. 05; t-tabel =1,671). H0 ditolak dan penelitian signifikan. Ini berarti Buku Teks
Pengkajian Tari-Drama SD adalah efektif.
Kata kunci: buku teks, menulis, tari-drama, pendidikan karakteri, pengembangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.