candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MAGANG 3 MAHASISWA PGSD

Muhamad Chamdani

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan: (1) mengoptimalkan kinerja guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum tahun 2013, (2) mengoptimalkan pembimbingan mahasiswa program magang 3 pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian diawali dengan pra tindakan, tindakan 1, dan tindakan 2 dan seterusnya. Subjek penelitian adalah guru pamong yang bertugas di SD-SD tempat program magang 3 atau PPL mahasiswa PGSD yang berjumlah 12 SD. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi kinerja, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian pengembangan kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 dari pratindakan 76.86%, meningkat menjadi tindakan siklus 1 84,4% dan tindakan siklus 2 meningkat menjadi 91,96%. Berdasar tindakan mahasiswa calon guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 mencapai capaian angka persentase sebesar 76,95% dalam kategori baik. Dari data tersebut dapat simpulkan (1) Pengembangan kinerja guru dalam implementasi kurikulum tahun 2013 dapat meningkat (2) pengembangan program magang 3 mahasiswa PGSD dalam implementasi kurikulum 2013 dapat dioptimalkan.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Program Magang, Implementasi Kurikulum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.