candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS II SD NEGERI 1 KARANGTANJUNG

Syifa Khoerunnisa, Susilailiy Rahmawati, Muhamad Chamdani

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ARIAS berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas II Sekolah Dasar. Media yang cocok digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi “Dokumen Keluarga Sebagai Sumber Belajar” adalah media pembelajaran berupa power point dan video pembelajaran. Power point mampu menjadi media yang lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji, sedangkan video mampu menjadi media yang memberikan pesan dan informasi yang dapat diterima secara lebih merata kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Karangtanjung dengan subjek penelitian kelas II yang berjumlah 28 siswa. Data yang digunakan adalah data hasil belajar IPS siswa kelas II, yang diperoleh dengan memberikan tes tulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan kepada siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini teridiri dari (a) observasi, (b) wawancara, dan (c) tes. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas II SDN 1 Karangtanjung Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Model ARIAS, Pembelajaran Berbasis TIK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.