candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PENGGUNAAN BUKU AJAR TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DISEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LANGSA BARAT

Fadhil Sidiq, Lailatusysyukriyah Lailatusysyukriyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penggunaan buku ajar tematik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar se-Kecamatan Langsa Barat. Permasalahan yang menjadi pembahasan pada penelitian ini adalah (a) ketersediaan buku ajar tematik pada kurikulum 2013 di sekolah; (b) kegunaan buku ajar tematik pada kurikulum 2013; (c) penggunaan buku ajar tematik yaitu penggunaan buku teks siswa dan buku pegangan guru sebagai sumber belajar dalam kurikulum 2013; dan (d) pemahaman dalam menjelaskan isi atau konten materi yang diajarkan dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Langsa Barat yaitu guru kelas IV di SD N 1 Matang Seulimeng, guru kelas IV di SD N 2 Matang Seulimeng, guru kelas IV di SD N Paya Bujok Teungoh, guru kelas IV di SD N 9 Langsa, guru kelas IV di SD N Sungai Pauh dan guru kelas IV di SD N 13 Langsa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa belum tersedianya buku ajar tematik untuk revisi terbaru, masih belum optimal penggunaan buku ajar tematik dan masih belum memahami sepenuhnya tentang isi dan konten materi dalam buku ajar tematik. Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar tematik kurikulum 2013 masih belum optimal.

Kata Kunci: Buku Ajar Tematik, Kurikulum 2013, dan Penelitian Kualitatif (Deskriptif).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.