candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI RESEARCH- BASED LEARNING (RBL) DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK

Tri Saptuti Susiani, Ratna Hidayah, Moh Salimi

Abstract


Abstrak. Pelaksanaan dharma penelitian dilksanakan tanpa mengabaikan proses perkuliahan. Penelitian yang dilakukan harus berhubungan dengan pembelajaran sehingga dapat berkontribusi dalam pembelajaran, pengembangan pengetahuan serta pengembahan keahlian dan keterampilan mahasiswa. Beberapa data menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia selama ini dilihat dari sisi pengajaran relatif maju, namun tertinggal di bidang penelitian. Maka dari itu dibutuhkan langkah untuk mensinergikan penelitian dengan pembelajaran. Keberhasilan penerapan model Research Based Learning (RBL) merupakan salah satu langkah yang diterapkan oleh beberapa perguruan tinggi sebagai wujud usaha mengoptimalkan pembelajaran dan penelitian, memberikan peluang sebagai solusi LPTK pendidikan tinggi untuk revitalisasi dan keterhubungan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana implementasi tiap- tiap tahap model Research Based Learning (RBL) tersebut dalam perkuliahan Pengembangan Kurikulum Tematik pada prodi S1 PGSD Kebumen FKIP UNS. Implementasi Research Based Learning (RBL) dalam perkuliahan Pengembangan Kurikulum Tematik dilaksanakan dengan cara: menyajikan topic, menyajikan referensi, merumuskan hipotesis, membahas metode penelitian, melakukan penyelidikan, mengalisis dan menginterpretasi data, dan membuat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk penerapan RBL pada mata kuliah lain melibatkan teori, best practices, dan praktikum.

Kata Kunci: Research- Based Learning, Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.