candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Mega Meilina Priyanti, Kartika Chrysti Suryandari, Imam Suyanto

Abstract


Abstrak. IPA merupakan salah satu ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan alam. Selain itu, IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari mulai dari jenjang sekolah dasar. Hasil belajar IPA dikelompokkan menjadi IPA sebagai Produk, IPA sebagai Proses dan IPA sebagai sikap. Peneliti masih sering menemukan literature (buku, tugas akhir, artikel, bahkan jurnal) yang membahas hasil belajar IPA hanya dari aspek kognitif tanpa melihat aspek psikomotor maupun aspek afektif. Banyaknya aspek yang diukur dalam pembelajaran IPA menjadi salah satu kesulitan guru dalam menentukan hasil belajar IPA dari semua ranah. Hal tersebutlah yang mendorong peneliti untuk melakukan studi deskriptif tentang keterampilan proses dasar sains di sekolah dasar. Penelitian ini akan memaparkan tentang: (1) pelaksanaan pembelajaran IPA; (2) keterampilan proses dasar dalam pembelajaran IPA; (3) penilaian dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan metode studi dokumen observasi, dan wawancara,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajarn IPA sudah menunjukkan adanya kegiatan praktikum yang menunjang munculnya keterampilan proses, tetapi hanya muncul pada materi tertentu saja; (2) pada kegiatan praktikum, keterampilan proses sudah tampak, misalnya pada keterampilan mengobservasi, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan; (3) penilaian dalam pembelajaran IPA masih dominan menggunakan teknik penilaian tes hasil belajar. Dari hasil penelitian ini, kiranya pada aspek keterampilan proses dasar IPA lebih ditekankan, serta penilaian pembelajaran IPA mencakup 3 ranah (afektif, kognitif dan psikomotor).

Keyword: IPA, keterampilan proses dasar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.