candi borobudur kerajaan di indonesia

PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS) DI SEKOLAH DASAR

Ferina Agustini, Khusnul Fajriyah

Abstract


Abstrak. Laju perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah mendorong perubahan era globalisasi menjadi era data. Tuntutan kompetensi yang lebih tinggi harus dikuasi generasi muda, yakni keterampilan mengelola informasi yang diperoleh dan menggunakannya secara bermakna. Hal demikian membawa implikasi pada dunia pendidikan yang dituntut harus beradaptasi melalui pemberlakuan Kurikulum 2013 di sekolah. Kurikulum 2013 dipandang sebagai wahana dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi/higher order thinkingskills (HOTS) para peserta didik. Berbagai kajian empiris dan konseptual telah menujukkan hal yang tidak selaras dengan harapan pemerintah. Hasil penelitian pada siswa SD di kota semarang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berada pada level kurang. Hasil penelitian lain, disebutkan bahwa selama ini penilaian autentik yang seharusnya dilakukan dengan beragam teknik ternyata belum terlaksana. Para guru terbiasa melakukan tes tertulis pilihan ganda dan uraian yang mengukur pemahaman. Pembelajaran terjebak pada tujuan penilaian yang mengukur keterampilan berpikir tingkat rendah. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik menemui jalan buntu. Orang tua siswa menagih pihak sekolah untuk menyusun rangkuman materi dengan alasan minimnya materi yang tersaji dalam buku siswa. Problem tersebut memerlukan penyelesaian dari berbagai pihak secara sinergis. Orangtua perlu dilibatkan agar siap membimbing belajar anaknya. Guru hendaknya melakukan penilaian autentik sebagai langkah pasti memonitor hasil belajar siswanya.

Kata Kunci: HOTS (Higher Order Thingking Skills), Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.