candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI STRATEGI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD

Kartika Chrysti Suryandari, Sajidan Sajidan, Sentot Budi Rahardjo, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Abstrak Pembelajaran Konsep Dasar IPA menekankan konstruktivisme berkaitan dengan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah. Pembelajaran konstruktivisme melalui strategi PQ4R merupakan proses pembentukan pengetahuan yang melibatkan keakfitkan dan kemandirian mahasiswa untuk aktif berpikir dan menyususn konsep supaya pembelajaran bermakna. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan pembelajaran kontruktivisme melalui strategi PQ4R pada mata kuliah Konsep Dasar IPA I, 2) membuktikan pengaruh pembelajaran kontruktivisme melalui strategi PQ4R terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD. Penelitan ini dilakukan secara quasi eksperimen dengan kelompok perlakuan (strategi PQ4R) dan kelompok kontrol. Subyek penelitian mahasiswa PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen, semester 2 yang mengikuti perkuliahan Konsep Dasar IPA I. Teknik pengumpulan data secara pre test dan post test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode statistic inferensial dan uji t dengan tarat signifikansi 5%. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan langkah pembelajaran PQ4R dan kelompok perlakuan lebih tinggi dari kelompok kontrol. Kerjasama dan interaksi terjalin baik antar mahasiswa, dan mahasiswa dengan dosen, hasil belajar meningkat, dosen memotivasi dan memfasilitasi pembelajaran. Mahasiswa terlatih untuk meneliti dan berpikir tingkat tinggi, lebih berkarakteristik mandiri, dan bertanggung jawab.

Kata kunci: PQ4R, berpikir kreatif, Konsep Dasar IPA, mahasiswa 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.