candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH

Risma Mila Ardila, Nurhasanah Nurhasanah, Moh Salimi

Abstract


Abstrak. Pendidikan karakter mulai digulirkan sejak tahun 2010 dan masih berlaku hingga sekarang. Dalam pendidikan karakter terdapat beberapa nilai salah satunya tanggung jawab. Karakter tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Menipisnya kesadaran bahkan hilangnya karakter tanggung jawab pada siswa yang menjadikan menghambatnya kegiatan pembelajaran sehingga hal tersebut tidak boleh terjadi (Kamila, 2013). Kajian ini fokus pada definisi, manfaat, serta strategi dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah. Hasil dari kajian ini antara lain: 1) karakter mengacu pada serangkaian sikap (atitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills) sedangkan karakter tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa; 2) manfaat karakter tanggung jawab yaitu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas serta dapat meningkatkan standar kualitas sekolah; 3) karakter tanggung jawab dapat dilakukan dengan strategi mind mapping,inquiring mind what to know, CRH, NHT, serta Quiz Team. Kajian ini menyimpulkan bahwa karakter tanggung jawab dan pembelajarannya harus dilakukan sebagai salah satu pendidikan karakter di sekolah melalui beberapa strategi.

Kata Kunci: karakter, tanggung jawab.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.