candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KESENIAN TARI CEPETAN ALAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KEBUMEN

Azmi Zakiyya Pratami, Eka Setya Septiningrum, Istinganatuzzakiyah Istinganatuzzakiyah, Ratna Hidayah

Abstract


Abstrak. Pendidikan karakter berperan penting dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembentukan karakter dapat dilakukan melalui pendekatan budaya. Indonesia mempunyai keberagaman kebudayaan, salah satunya ialah kesenian tari. Setiap tarian memiliki pesan-pesan moral yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku. Gerakan tari bukan sekedar rangkaian gerak yang indah, melainkan rangkaian gerak yang memiliki makna. Tari dapat diajarkan kepada siswa sejak dini, misalnya pada tingkat sekolah dasar. Beberapa tari yang sudah diajarkan antara lain Nuri, Jaranan, Lawet, dan Cepetan Alas. Peneliti ingin menyelediki nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kesenian Cepetan Alas. Penelitian bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tari Cepetan Alas. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan di SD N Rantewringin dan SD N 2 Setrojenar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pengajaran tari di SD tersebut dilaksanakan seminggu sekali dengan durasi waktu 2 jam. Tari Cepetan Alas memuat pendidikan karakter yang dibuktikan dengan nilai-nilai religius, keteladanan, perjuangan keberanian, kerja keras, kerja sama dan percaya diri. Dengan penelitian ini, diharapkan lebih banyak sekolah dasar yang mengajarkan tari Cepetan Alas kepada siswanya, sebagai alternatif pengembangan pengajaran pendidikan karakter melalui pendekatan budaya setempat.

Kata kunci: Pendidikan karakter, Kesenian Cepetan Alas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.