candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA

Farah Azizzah - -, Bambang Wasito Adi - -, Sunarto - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1 Surakarta, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1 Tahun 2016, dan (3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1Surakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru   di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik  angket/kuesioner  untuk  mengetahui  data  berkaitan  dengan  gaya kepemimpinan   transformasional   kepala   sekolah   dan   motivasi   kerja.   Try   out dilakukan  terhadap  30  responden  di  luar  sampel,  dalam  penelitian  ini  try  out dilakukan di SMK Batik 1 Surakarta dengan hasil pada kuesioner untuk guru 32 item soal dinyatakan valid dan reliabel dari 43 soal yang diberikan, sedangkan pada kuesioner untuk kepala sekolah seluruh item soal (20 soal) dinyatakan telah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan  motivasi  kerja  guru  terhadap  kinerja  guru.  Kedua,  Ho  diterima  Ha  ditolak artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, maka dapat disimpulkan apabila motivasi kerja tinggi maka akan meningkatkan kinerja guru, begitupun sebaliknya.

 

 

The purposes of this study are to figure out (1) the effect of transformational leadership headmasters and motivation to work on the performance of teachers in SMA Al Islam 1 Surakarta, (2) the effect of work motivation on teacher performance in SMA Al Islam 1 2016, and ( 3) the effect of transformational leadership style of headmasters on teacher performance in SMA Al-Islam 1Surakarta.

 The population in this study are all teachers who teach in SMA Al Islam 1 Surakarta. The  sampling  technique  used  is  convenience  sample  is  all  population  research sample. This research uses descriptive quantitative method. The collection of data carried out by engineering a questionnaire to find out the data related to the headmaster's transformational leadership and motivation. Try out done on 30 respondents outside the sample, in this study try out to do in SMK Batik 1 Surakarta with the results of the questionnaire for teachers 32 items about the declared valid and reliable of 35 questions given, whereas in the questionnaire for school headmasters  across  an  item  about  (  20  questions)  declared  to  have  valid  and reliable. Data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis.

 The results of this study are as follows. First, there is positive and significant correlation between transformational leadership style of headmasters and motivation to work simultaneously on student learning outcomes. Second, Ho is accepted and Ha rejected meaning, there are significant positive and significant correlation between transformational leadership style of the headmaster and motivation. Third, there are significant positive and significant correlation between transformational leadership style of the headmaster and motivation, it can be concluded if either school infrastructure, student learning outcomes can be increased, and vice versa.

 Based on data from the results of this study concluded that transformational leadership style variable (X1) gives a greater influence on teacher performance compared to variable work motivation (X2.)

 


Keywords


gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.